Rumah Terdampak Angin Kencang di Kota Tegal Bertambah Jadi 178 Rumah

Rumah Terdampak Angin Kencang di Kota Tegal Bertambah Jadi 178 Rumah

 Jumlah rumah yang terdampak terjangan angin kencang di dua kelurahan di Kecamatan Margadana Kota Tegal menjadi 178 unit. Jumlah itu, lebih banyak dari data sebelumnya yang hanya 125 rumah. 

Karenanya, Pemerintah Kota Tegal langsung memberikan bantuan kepada warga yang terdampak. Bantuan berupa sembako dan pemeriksaan kesehatan diserahkan langsung secara simbolis Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono pada Minggu (28/2) siang. 

Camat Margadana Cipto Darsono menyebut, puting beliung terjadi pada Jumat (26/2) dini hari di Kelurahan Kalinyamat Kulon dan Margadana. Akibatnya, 178 rumah mengalami rusak sedang hingga berat. 

"Ada 178 rumah yang terdampak, dari Kelurahan Kalinyamat Kulon terdapat 49 rumah dan tujuh pohon tumbang," katanya. 

Kemudian, kata Cipto, di Kelurahan Margadana, ada 129 rumah yang rusak. Saat ini, hampir sebagian rumah masih diperbaiki tim gabungan. 

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengemukakan, akibat peristiwa itu, ada sekitar 800 orang yang terdampak. Karenanya, pihaknya bersama instansi terkait akan mengupayakan perbaikan. 

"Baik untuk kondisi fisik rumah maupun bantuan kesehatan hingga sembako," katanya. 

Selain itu, kata Dedy Yon, rumah yang terdampak akan diperbaiki. Kemudian kondisi kesehatan masyarakat dicek satu per satu. 

"Jadi, ketika ada yang membutuhkan pertolongan segera dievakuasi," tandasnya. 

Dedy berharap, dengan adanya bantuan itu dapat sedikit membantu dan bermanfaat untuk masyarakat. Selanjutnya, dia meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca ekstrem. (muj/ima)

Sumber: