Angin Puting Beliung Terjang Lima Desa, Puluhan Rumah di Kabupaten Tegal Rusak

Angin Puting Beliung Terjang Lima Desa, Puluhan Rumah di Kabupaten Tegal Rusak

Angin puting beliung menerjang beberapa desa di Kabupaten Tegal, Jumat (26/2) pukul 04.00 WIB. Puluhan rumah rusak akibat bencana alam angin puting beliung tersebut.

Sekretaris Bidang Abdimas dan Humas Kwarcab Tegal Teguh Herdi Nurcahyo, Jumat (26/2) mengatakan, berdasarkan laporan dari anggota tim reaksi cepat di masing-masing kwarran, ada beberapa desa yang terkena angin kencang. 

Di Desa Karangmangu dan Bulakwaru Kecamatan Tarub, sedikitnya ada 7 rumah rusak. Sedangkan di Desa Bengle Kecamatan Talang, tiga rumah rusak dan pohon tumbang.

"Kami sudah menerjunkan tim ke lapangan dan dibagi beberapa kelompok. Karena ada lima desa yang melaporkan hingga kami bergerak ke sana," katanya.

Bencana angin puting beliung, tambah Teguh Herdi, juga terjadi di Dukuh Mejasem Desa Tegalandong Kecamatan Lebaksiu. Sedikitnya ada 9 rumah warga yang atapnya rusak akibat diterjang angin puting beliung. Sedangkan di Desa Pepedan Kecamatan Dukuhturi, ada 4 rumah milik warga yang atapnya rusak akibat diterjang angin puting beliung.

"Kejadian angin puting beliung sekitar pukul 04.00 WIB. Rumah yang rusak ada ringan dan berat. Dan kami sudah laporkan ke ketua Kwarcab Tegal soal bencana angin puting beliung," tambahnya.

Sementara itu, anggota TRC Kwarran Tarub yang juga Perangkat Desa Karangmangu Mukroni mengatakan, bencana angin puting beliung di desanya terjadi pukul 05.00 WIB. Hal itu menyebabkan atap rumah rusak serta satu tembok rumah warga ambruk. Kejadian ini sudah dilaporkan dan hingga saat ini warga sedang membersihkan material bangunan yang rusak akibat diterjang angin puting beliung. (guh/ima)

Sumber: