Fraksi PPP Minta Anggaran DPU Kabupaten Tegal Jangan Direfocusing

Fraksi PPP Minta Anggaran DPU Kabupaten Tegal Jangan Direfocusing

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tegal meminta anggaran peningkatan jalan yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum (DPU) agar tidak direfocusing. Hal itu untuk merealisasikan janji bupati terkait dengan program Jalan Bebas Lubang di seluruh wilayah Kabupaten Tegal. 

Anggota Fraksi PPP Haji Khaeru Soleh, Jumat (12/2) mengatakan,  program skala prioritas Bupati Tegal Umi Azizah harus segera dijalankan, mengingat kondisi jalan di Kabupaten Tegal banyak yang berlubang. Pihaknya berharap bupati turun ke bawah untuk melihat langsung bagaimana kerusakan jalan di sejumlah kecamatan. Utamanya di Desa Kertayasa Kecamatan Kramat.

"Di Desa Kertayasa menuju Kramat ada sekitar 5 titik yang rusak. Sedangkan Kertayasa menuju Bongkok sekitar 10 titik," katanya. 

Dalam APBD Kabupaten Tegal tahun 2021, tambah Haji Khaeru Soleh, tidak ada anggaran perbaikan jalan di ruas Kertayasa-Kramat dan Kertayasa-Bongkok. Namun, perbaikan bisa dilakukan dengan anggaran pemeliharaan. Dirinya sangat mengapresiasi DPU yang sudah mulai melakukan perbaikan. 

"Semoga bisa melakukan perbaikan di wilayah Kramat. Karena di sana banyak jalan yang rusak," tambahnya. 

Ruas Jalan Kertayasa-Kramat dan Kertayasa-Bongkok, lanjut Haji Khaeru Soleh, agar dilakukan perbaikan dengan rabat beton pada tahun 2022. Hal itu karena tanahnya labil dan drainasenya buruk. Sehingga acap kali rusak setiap musim hujan. 

"Semoga bisa direalisasi di tahun depan. Termasuk drainase jalan agar jalan tidak cepat rusak," tambahnya.

Sementara itu, Kepala DPU Kabupaten Tegal Hery Suhartono mengatakan, pemeliharaan jalan akan dilakukan di bulan ini. 

"Kalau musim hujan sudah berhenti, pemeliharaan jalan langsung dilakukan. Supaya tidak sia-sia saat mengerjakannya," tambahnya. (guh/ima)

Sumber: