Akses Dua Desa di Pemalang Putus Tertutup Longsor

Akses Dua Desa di Pemalang Putus Tertutup Longsor

Jalur penghubung Desa Bongas-Cikadu di Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang tidak bisa dilewati, karena tertutup longsoran tebing, Senin (1/2).

Camat Watukumpul Umroni mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 04.00. Akibat hujan terus menerus tebing gundul tanpa tanaman kayu keras setinggi 20 meter itu runtuh.

"Saat kejadian kondisi jalan sedang sepi sehingga tidak ada korban, hanya akses jalan yang sementara ini terhambat," katanya saat dihubungi radartegal.com.

Menurut Umroni,  untuk saat ini Forkopimcam Watukumpul bersama warga dan relawan sedang kerja bakti menyingkirkan longsoran. Namun karena material tanah yang menutupi jalan cukup tinggi mencapai 2 meter dan panjang 10 meter, kerja bakti tidak bisa dengan mengandalkan manual.

"Diperlukan alat berat guna membersihkan dan mengangkat matrial longsor," tambahnya. 

Untuk memastikan pengendara tidak melwati jalan itu, pihaknya juga memasang plang tanda. Pengendara sementara dialihkan ke jalur alternatif melewati desa lain.

"Kami menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan selalu waspada pada musim penghujan seperti ini," tandasnya. (sul/zul)

Sumber: