Hari Ini, 25 Puskesmas dan 8 RS di Pemalang Laksanakan Vaksinasi

Hari Ini, 25 Puskesmas dan 8 RS di Pemalang Laksanakan Vaksinasi

Vaksin Sinovac yang sudah didistribusikan ke Kabupaten Pemalang, hari ini mulai dibagikan ke seluruh puskesmas dan rumah sakit.

Bupati Pemalang Junaedi, saat menghadiri pelaksanaan vaksinasi perdana di RSUD dr M Ashari menegaskan, pengiriman vaksin ke seluruh layanan kesehatan akan dilakukan segera.

"Setelah penyuntikan yang perdana, vaksin segera dikirimkan ke puskesmas dan rumah sakit, sesuai petunjuk untuk tahap pertama ini prioritasnya tenaga kesehatan," kata Junaedi.

Diketahui pada tahap pertama, Pemalang mendapat jatah 8.040 dosis vaksin. Selanjutnya, Junaedi berharap agar nantinya seluruh warga Pemalang bisa melakukan vaksin untuk menekan perluasan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Pemalang Solahudin mengatakan, ada 25 puskesmas dan 8 rumah sakit di Kabupaten Pemalang yang siap melaksanakan vaksinasi. Selain itu, juga tambahan satu klinik di Polres Pemalang.

"(Vaksin) sudah dikirim ke layanan kesehatan, dan hari ini mulai imunisasi," katanya, Selasa (26/1).

Menurut Solahudin, selama vaksinasi, petugas menyediakan bangsal yang akan digunakan untuk peserta vaksin. Usai disuntik mereka lebih dulu diminta beristirahat kurang lebih 15 hingga 45 menit untuk menunggu reaksi. Jika tidak ada gejala apa-apa, artinya vaksinasi berjalan lancar. (sul/ima)

Sumber: