Relawan Adminduk Diminta Familier dengan Aplikasi Jakwir Cetem

Relawan Adminduk Diminta Familier dengan Aplikasi Jakwir Cetem

Para relawan diminta mengenal dan mampu menggunakan aplikasi Jakwir Cetem. Sehingga, mereka bisa menjembatani masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan (adminduk) secara online. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kota Tegal Basuki mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan para relawan adminduk di tingkat kelurahan. Tujuannya, untuk membedah permasalahan dokumen kependudukan. 

"Koordinasi dilakukan untuk pembahasan permasalahan di lapangan. Sehingga ditemukan satu pemecahan masalah serta menyamakan persepsi," katanya. 

Menurut Basuki, para relawan adminduk diminta bisa memahami penggunaan aplikasi Jakwir Cetem dan media pelayanan yang efektif. Sehingga, nantinya bisa menjembatani masyarakat yang akan melakukan pengurusan dokumen kependudukan. 

"Suka tidak suka mereka harus bisa mengunakan pelayanan ini," ujarnya. 

Selain itu, kata Basuki, setelah mereka mendapatkan data penduduk yang belum melakukan perekaman KTP, para relawan akan melakukan penyisiran. Apakah warga itu sudah mempunyai KTP, KK atau sudah mutasi dan sebagainya, tetapi belum sempat lapor. 

"Konsolidasi itu juga untuk membahas persiapan perekaman di setiap kelurahan," tandasnya. 

Dalam rapat itu, ujar Basuki, ternyata masih banyak permasalahan yang muncul dengan Jakwir Cetem. Harapannya, nanti bisa diselesaikan dengan bantuan relawan adminduk. (muj/ima)

Sumber: