Hari Ini Obyek Wisata Guci Tetap Buka tapi Pengunjung Dibatasi Hanya 3.000 Orang

Hari Ini Obyek Wisata Guci Tetap Buka tapi Pengunjung Dibatasi Hanya 3.000 Orang

Pengelola Obyek Wisata Guci akan membatasi pengunjung yang akan merayakan tahun baru maksimal 3.000 orang. Kebijakan inipun hanya dilakukan pada pagi hingga sore, Jumat (1/1.)

Kepala UPTD Obyek Wisata Guci Bumijawa, Achmad Abdul Khasib mengatakan ketika ada pengunjung Obyek Wisata Guci yang sudah masuk pada siang hari, malam harinya tidak akan disuruh pergi. Pengunjung tetap di dalam kawasan obyek wisata dengan syarat tidak menggelar acara yang dapat menimbulkan kerumunan massa.

Selain itu, mereka juga dilarang menyalakan kembang api atau kegiatan lainnya. "Kalau ada pengunjung yang mau masuk ke Obyek Wisata Guci pada malam hari, kita larang. Karena sudah ditutup, kecuali kalau pagi, siang, dan sore loket buka."

Kendati pada siang hari dibuka, tambah Khasib, jumlah pengunjung tetap akan dibatasi. Maksimal pengunjung 3.000 orang. Jika sudah melebihi, loket akan ditutup selama 1 jam menunggu pengunjung yang di dalam kawasan wisata, pulang atau keluar dari kawasan wisata.

Tujuannya, papar Khasib, untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan massa. "Pada prinsipnya, pengunjung harus menerapkan protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun," tambahnya.

Kepala Dinas Porapar, Saidno membenarkan sejumlah obyek wisata di Kabupaten Tegal akan ditutup sementara selama liburan tahun baru. Utamanya di Pemandian Air Panas Guci Bumijawa.

Namun untuk penutupan hanya dilakukan pada malam hari. Sedangkan pagi hingga sore, kawasan tempat wisata itu masih tetap buka.

Hal itu mendasari Surat Edaran (SE) Bupati Tegal Nomor 4971 tentang protokol kesehatan perjalanan orang selama libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 dalam masa pandemi covid-19.

Penutupan itu hanya berlaku pada malam hari. Tanggal 30 Desember pukul 17.00 WIB sampai dengan 31 Desember pukul 06.00 WIB seluruh obyek wisata di Kabupaten Tegal akan ditutup. Kemudian pada 31 Desember 2020 pukul 17.00 WIB sampai dengan pukul 06.00 WIB tanggal 1 Januari 2021 juga ditutup. (guh/zul)

Sumber: