Dedy Yon: Hikmah Pembelajaran Daring, Orang Tua Lebih Dekat dengan Siswa

Dedy Yon: Hikmah Pembelajaran Daring, Orang Tua Lebih Dekat dengan Siswa

Di masa pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan daring. Namun, hikmah di balik itu, hubungan orang tua dan anak lebih dekat. 

Hal itu diungkapkan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono saat memberikan sambutan dalam seminar pendidikan, Rabu (30/12) siang di Pendapa Ki Gede Sebayu. Turut hadir pada dalam kegiatan yang digelar secara virtual itu, Sekda Kota Tegal Johardi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Ismail Fahmi, Ketua Relawan Pendidikan Riyadi KS dan lainnya. 

Dedy Yon mengatakan, saat ini pemerintah mengalami dilematika di tengah pandemi Covid-19. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah atau madrasah tidak dapat dilakukan secara tatap muka. 

"Pelaksanaan KBM dilaksanakan melalui daring," katanya. 

Namun, kata Dedy Yon, ada hikmah yang bisa diambil darinya. Selain belajar dengan gurunya, anak didik juga belajar dari orang tuanya, sehingga hubungan keduanya semakin dekat. 

"Orang tua juga membuka buku kembali, membaca buku kembali, melihat buku paket, untuk belajar bersama anaknya," ujarnya. 

Dedy Yon mengatakan, kesuksesan anak didik bukan hanya di sekolah saja. Lingkungan keluarga yang sangat berpengaruh. Waktu paling lama pada keluarga, sisanya di lingkungan pendidikan dan masyarakat. 

Ketua Dewan Pendidikan Kota Tegal Rismono mengatakan, meski secara organisasi bukan bagian pemerintah akan tetapi Dewan Pendidikan tetap bersinergi dengan pemerintah daerah. Sebab, memiliki fungsi menjembatani terkait kebutuhan masyarakat dengan kebutuhan sekolah. 

"Itu agar bersinergi dalam membangun pendidikan di Kota Bahari," pungkasnya. (muj/ima)

Sumber: