Piala Dunia U-20 di Indonesia 2021 Dibatalkan FIFA

Piala Dunia U-20 di Indonesia 2021 Dibatalkan FIFA

Sejumlah penyelenggaraan turnamen sepak bola dunia ditunda Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Kamis (24/12) malam. Termasuk Piala Dunia U-20 yang sedianya akan digelar di Indonesia 2021 mendatang.

Selain Piala Dunia U-20, Piala Dunia U-17 yang juga akan digelar 2021 di Peru juga bernasib sama. Kedua turnamen itu dibatalkan pelaksanaannya di tahun 2021.

Namun, dalam pengumuman FIFA itu dilanjutkan bahwa Indonesia dan Peru yang harusnya jadi tuan rumah pada 2021, tetap dipercaya sebagai tuan rumah kedua turnamen itu untuk edisi 2023.

Menurut pernyataan di laman FIFA, pandemi COVID-19 terus menghadirkan tantangan bagi penyelenggaraan acara olahraga internasional dan berdampak pada pembatasan perjalanan internasional.

Oleh karena itu, FIFA secara teratur berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan terkait, termasuk Asosiasi Anggota tuan rumah serta Konfederasi yang terlibat dalam kedua turnamen yang semula dijadwalkan berlangsung pada tahun 2021.

Dengan demikian, menjadi jelas bahwa situasi global saat ini gagal untuk dinormalisasi ke tingkat yang memadai dalam mengatasi tantangan terkait dengan penyelenggaraan kedua turnamen, termasuk kelayakan jalur kualifikasi yang relevan.

“FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada asosiasi anggota tuan rumah, serta pihak berwenang di Indonesia dan Peru, atas komitmen dan persiapan turnamen yang dilakukan selama ini. FIFA berharap dapat terus bekerja sama dengan negara tuan rumah untuk menyelenggarakan turnamen yang sukses,” bunyi pernyataan FIFA di laman resmi mereka. (pojoksatu/zul)

Sumber: