Pandemi Covid-19, Konsumsi BBM di Tegal Menurun

Pandemi Covid-19, Konsumsi BBM di Tegal Menurun

Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) selama pandemi Covid-19 di wilayah Kota dan Kabupaten Tegal mengalami penurunan dibanding sebelum pandemi terjadi. Namun, untuk konsumsi elpiji justru masih stabil.

Pejabat sementara (Pjs) Unit Manager Communication, Relations and CSR Pertamina Jawa Bagian Tengah Arya Yusa Dwicandra mengatakan, rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoline (Pertamax, Premium dan Pertalite_red) di Kota dan Kabupaten Tegal saat ini berada di angka 432 kl (kiloliter) per hari. 

Angka itu masih 1 persen di bawah rata-rata konsumsi harian pada saat sebelum pandemi. 

“Sedangkan konsumsi normal sebelum pandemi rata-rata berada di angka 441 kl per hari,”katanya.

Menurut Arya, untuk jenis gasoil (solar dan bio solar_red) di Kota/ Kabupaten Tegal, rata-rata konsumsi harian saat ini berada di 245 kl per hari. Itu juga masih 5 persen di bawah konsumsi normal sebelum pandemi yaitu di angka 250 kl per hari pada Januari-Februari.

Berbeda dengan produk BBM, kata Arya, untuk bahan bakar elpiji, konsumsinya cenderung stabil meski ada pandemi. Rata-rata konsumsi harian saat ini berada di angka 205 MT per hari.

"Angka meningkat secara stabil dikarenakan elpiji merupakan kebutuhan sehari-hari meskipun ada pandemi sekali pun,” tandasnya. (muj/ima)

Sumber: