Bukan Susulan, Ada Gempa Lain di Brebes Hanya Selisih 1 Jam

Bukan Susulan, Ada Gempa Lain di Brebes Hanya Selisih 1 Jam

Sesaat setelah terjadinya gempa dengan kekuatan 4,2 magnitudo pada Jumat (11/12) pagi sekitar pukul 05.51 WIB, wilayah Kabupaten Brebes dan sekitarnya juga dilanda gempa lainnya. Pusat gempa, kedalaman dan kekuatannya berbeda dari gempa sebelumnya.

Berdasarkan broadcast yang beredar, gempa pertama terjadi di kedalaman 5 KM dengan pusatnya 28 KM barat daya Brebes. Sementara gempa yang kedua memiliki kekuatan 2,8 magnitudo dengan pusat gempa 31 KM barat daya Brebes dengan kedalaman 10 KM yang terjadi pada pukul 06.55 WIB. 

"Gempa kedua bukan susulan, Mas, even yang berbeda," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyo Ajie Prayoedhie saat dikonfirmasi melalui pesan WA.

Menurut Setyo, jika melihat lokasi episenternya, kemungkinan besar gempa tersebut dipicu oleh aktivitas sesar baribis kendheng segmen Brebes. 

"Untuk narasi hanya even dirasakan saja kalau keterangan sesuai parameter di infografis," pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, warga di wilayah Kabupaten Brebes merasakan adanya guncangan yang terjadi pada Jumat (11/12) pagi sekitar pukul 05.51 WIB. Berdasarkan data di BMKG, pusat gempa berada di laut dengan jarak 28 KM barat daya Brebes dengan kedalaman 5 kilometer. (muj/ima)

Sumber: