Apresiasi Penyerahan DIPA, Jumadi Minta OPD Bekerja Profesional

Apresiasi Penyerahan DIPA, Jumadi Minta OPD Bekerja Profesional

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi mengapresiasi penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2021 dan Rincian Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD). Karenanya, jajaran OPD diminta bekerja secara profesional.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri penyerahan DIPA di Command Room Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Tegal, belum lama ini. Prosesi digelar secara virtual mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Kami akan melaksanakan arahan gubernur Jawa Tengah," katanya.

Menurut Jumadi, Pemkot Tegal mengapresiasi penyerahan DIPA tahun 2021 kepada pemerintah daerah. Selanjutnya, dirinya mengajak agar semua pihak bekerja secara profesional dan baik, akuntabilitas terjaga, sesuai apa yang sudah direncanakan.

"Kepada OPD di lingkungan pemkot untuk ikuti aturan yang ada, jangan sampai aturan-aturan tersebut dilanggar," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya mengatakan kucuran APBN 2021 untuk Provinsi Jawa Tengah naik sekitar Rp2 triliun. Pandemi Covid-19 belum selesai, untuk itu untuk perketat kerumunan. 

"Kami meminta kepada bupati, wali kota dan jajaran forkopimda untuk memberikan edukasi kepada masyarakat," ujar Ganjar.

Kepala Kanwil DJPB Provinsi Jawa Tengah Sulaimansyah menyampaikan, penyusunan APBN 2021 dilakukan dalam situasi yang sangat menantang karena pandemi. Pandemi Covid-19 menyebabkan guncangan yang sangat hebat, mobilitas manusia terhenti, perdagangan global merosot, sektor keuangan global bergejolak, harga komoditas menurun tajam, dan ekonomi global masuk jurang resesi. 

"Karenanya, keuangan negara menjadi instrumen utama dan sangat penting dalam menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19, di antaranya dalam memberikan perlindungan sosial, dan melakukan pemulihan ekonomi," tandasnya. (muj/ima)

Sumber: