Kodim 0712 Tegal Inventarisasi Data Perlawanan Wilayah

Kodim 0712 Tegal Inventarisasi Data Perlawanan Wilayah

Kodim 0712 Tegal melakukan penyusunan dan menginventarisasi data perlawanan wilayah (wanwil). Utamanya tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Sumber Daya Alam dan Buatan (SDAB), Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kondisi Sosial (Konsos) di wilayah teritorialnya. 

Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, Jumat (27/11) mengatakan, penyusunan itu menghadirkan seluruh komandan Koramil, Babinsa dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. Kegiatan dipusatkan di Markas Kodim setempat. 

Inventarisasi data ini untuk kepentingan pembinaan dan pendayagunaan bidang wanwil dengan didukung data-data yang valid akurat serta up to date.

"Sehingga kita bisa optimal dan bisa memanfaatkannya dengan baik," katanya. 

Kegiatan ini, tambah Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, merupakan program bidang teritorial. Utamanya tentang pembinaan perlawanan wilayah yang dilaksanakan secara terukur dan terencana. Tujuannya untuk menjamin tersusunnya data di wilayah Kodim 0712 Tegal. 

Menurut dandim, validitas data ini memiliki peran penting dalam menentukan langkah-langkah pembinaan guna menyukseskan pelaksanaan tugas pokok di wilayah. Adapun data wanwil yang perlu diinventarisir yakni data geografi, demografi dan ipoleksosbudhan. 

"Untuk geografi meliputi luas, letak, jenis tanah, suhu, dan curah hujan. Kemudian demografi tentang penduduk," tambahnya. 

Saat ini, lanjut Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, dunia sedang mendapat ancaman Covid-19. Karena itu, dengan adanya penyusunan inventarisasi data ini, maka bisa diantisipasi penyebarannya. Misal, pemerintah daerah memiliki tempat untuk karantina komunal. Termasuk ketahanan pangan di wilayah, juga harus diinventarisir. Karena bangsa yang kuat, yang memiliki sumber pangan melimpah. 

Dalam kesempatan itu, dandim juga memberikan penghargaan kepada salah satu anak dari prajurit TNI Kodim 0712 Tegal yang berhasil meraih juara 2 Nasional Karate. 

Anak dari pasangan suami-istri Pelda Agus Ramadhan dan Hidayati itu bernama Zacky Zakaria Ramadhan Putra, siswa kelas XII TLas SMK Negeri 1 Adiwerna, Kabupaten Tegal. Prestasi ini harus ditiru oleh anak-anak lainnya. (guh/ima)

Sumber: