Anggaran DAK 2021, Proyek Jalan Banjaran-Balamoa Segera Dilelang

Anggaran DAK 2021, Proyek Jalan Banjaran-Balamoa Segera Dilelang

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tegal akan segera melakukan percepatan proses lelang proyek Jalan Banjaran-Balamoa di bulan Desember 2020. 

Proyek senilai Rp3,4 miliar ini menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 dan sudah dilakukan verifikasi.

Kepala DPU Kabupaten Tegal Hery Suhartono melalui Kabid Jalan Sudarso, Rabu (25/11) mengatakan, anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Tegal tahun 2021 sudah dipastikan ada. Hal itu berdasarkan sumber dari Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah (PFID) Kementerian PUPR dalam acara Konreg DAK Fisik Bidang Jalan minggu ke-2 bulan November 2020. 

Ada tiga ruas jalan yang mendapat alokasi anggaran DAK meliputi Jalan Banjaran-Balamoa, Yamansari-Babakan dan Jejeg-Cenggini. Khusus untuk ruas Jalan Banjaran-Balamoa dianggarkan Rp3,4 miliar. 

"Tiga ruas jalan yang mendapat anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) semuanya sudah dilakukan verifikasi," katanya.

Khusus ruas Jalan Banjaran-Balamoa, tambah Sudarso, materinya menggunakan aspal hotmix dengan panjang dua kilometer dan lebar tujuh meter. Untuk saat ini, dinas sedang mempersiapkan untuk pelaksanaan proses percepatan lelang di bulan Desember 2020. 

Hal ini karena Dana Alokasi Khusus untuk infrastruktur jalan sudah dilakukan verifikasi semua. Sehingga harus segera dilelang agar cepat dikerjakan oleh pemenang lelang nanti. 

"Untuk proyek ruas Jalan Banjaran-Balamoa panjangnya hanya dua kilometer dan lebar tujuh meter. Dan ini sedang kami siapkan proses lelangnya," tambahnya.

Pada masyarakat pengguna jalan, lanjut Sudarso, dinas meminta maaf barangkali nanti saat pengerjaan proyek infrastruktur jalan akan terganggu. Pada masyarakat untuk bisa bersama-sama mengawasi pengerjaan proyek tersebut agar mutu pengerjaannya bagus. Sehingga pengguna Jalan Banjaran-Balamoa tidak mengeluh lagi. 

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) juga akan mengawasi agar proyek tersebut tepat waktu dan mutu pekerjaannya baik. (ADV/guh/ima)

Sumber: