Fernando Alonso Balik Lagi Membalap, Renault Kebut Tes Mesin

Fernando Alonso Balik Lagi Membalap, Renault Kebut Tes Mesin

Fernando Alonso siap kembali ke ajang Formula 1 (F1). Untuk menandai comeback-nya, juara dunia dua kali itu, mendorong Renault mempersiapkan mobil sesuai dengan karakteristik balapnya.

Direktur eksekutif Renault, Marcin Budkowski membenarkan jika pebalap yang mundur sejak 2018 itu, meminta menguji coba wind tunnel mobil yang akan dikendarainya. Budkowski, berharap uji coba dilakukan per 1 Januari 2021.

“Dia menuntut segalanya dari kami. Dia bertanya ‘apakah mobil Renault 2022 ini belum bisa digunakan di windtunnel? Saya bilang padanya, ‘hal itu tidak diperbolehkan. Hal itu tidaklah memungkinkan karena ada regulasinya’. ‘Lalu kapan bisa dilakukan?’ tanya dia lagi, saya jawab ‘Januari’,” ujar Budkowski seperti dikutip FIN dari Crash, Minggu (22/11).

Mendengar antusiame pebalap bernomor 14 itu, Budkowski mengaku akan membuat pengecualian di musim baru ini. Padahal sebelumnya dia mengatakan tak akan mengoperasikan timnya saat tahun baru.

Terlebih Alonso telah menandatangani kontrak dua tahun bersama Renault yang akan menggunakan brand baru ‘Alpine’ per 2021 mendatang. “Ini adalah level motivasi yang ditunjukan Fernando Alonso saat ini,” ungkapnya.

Dikatakannya pula, Alonso saat ini tengah disibukan dengan program testing ekstensif, jelang persiapannya kembali ke ajang motorsport roda empat paling populer di dunia itu.

Sebulan lalu, dia terlibat dalam proyek pendek bersama mobil F1 milik pabrikan asal Prancis itu. Selain itu juga terlibat dalam test drive Renault model 2018 di awal bulan November.

“Dia ingin terbiasa dengan mobil Renault dan tim kami, untuk membiasakan diri dengan sistem dan prosedur kami, mengatur posisi duduknya, settingan stirnya dan semua hal. Selain itu, dia belum lagi mengendari F1 dalam dua tahun terakhir. Dia harus sesegera mungkin kembali pada kondisi terbaiknya, ritme balapnya, dan memanfaatkan setiap kesempatan,” ungkap Budkowski.

Sebelumnya, Fernando Alonso mengungkapkan alasannya kembali di musim 2021 ini. “Dari semua hal yang bisa saya pilih (di dunia balap) F1 adalah pilihan yang paling menarik minat saya. Keinginan untuk comeback di 2021 ini juga sudah saya rencanankan sebelumnya, terlebih di 2021 ini akan diwarnai dengan perubahan regulasi. Dengan kembali di 2021, perubahan mobil F1 (akibat regulasi baru ini) terlihat menarik (tidak seperti di dua musim sebelumnya),” ungkap eks rival Michael Schumacher itu. (ruf/gw/zul/fin)

Sumber: