Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 telah berdampak sistemik pada berbagai bidang dan dimensi kehidupan manusia. Mulai dari dampak penyakit, politik, budaya hingga ekonomi.

Anggota DPRD Kabupaten Tegal Memet Said, Rabu (11/11) mengatakan, setidaknya ada tiga yang terdampak di sektor ekonomi akibat pandemi ini. Pertama, konsumsi rumah tangga atau daya beli menurun drastis. Kemudian investasi melemah dan harga komoditas turun serta ekspor Indonesia ke beberapa negara juga terhenti. Untuk memulihkan ekonomi itu, berbagai langkah harus dilakukan. 

"Pemulihan ekonomi harus diawali dari sektor pertanian. Makanya saya mengapresiasi jika ada pemuda milenial yang memilih untuk bertani," katanya. 

Untuk itu, tambah Memet Said, apa yang dilakukan pemuda dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Argo Tegal Mandiri (ATM) Kabupaten Tegal patut mendapat apresiasi.

Para pemuda KNPI dan ATM ini sangat luar biasa. Mereka bertani dengan menanam buah semangka dan hasilnya cukup lumayan. Dirinya sempat berkunjung ke lahan tanaman buah semangka di Desa Kabunan Kecamatan Dukuhwaru. Program bertani ini sangat tepat untuk memulihkan perekonomian di Kabupaten Tegal. 

"Selain mudah ditanam, buah semangka juga tidak membutuhkan pengairan yang banyak. Termasuk masa panennya juga cepat. Maksimal dua bulan bisa dipanen dan dipasarkan," tambahnya.

Apa yang dilakukan pemuda ini, lanjut Memet Said, patut ditiru oleh pemuda lain. Sehingga bakal muncul pemuda-pemuda milenial yang bertani. Secara pribadi, dirinya sangat salut dengan para pemuda ini. Hal ini harus ditiru oleh pemuda-pemuda lainnya. (guh/ima)

 

 

Sumber: