Cegah Klaster Keluarga, Bupati Banyumas Minta Tetap Pakai Masker saat di Rumah

Cegah Klaster Keluarga, Bupati Banyumas Minta Tetap Pakai Masker saat di Rumah

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Banyumas terus meningkat. Bahkan penularan kasus Covid-19 telah merambah ke klaster-klaster keluarga.

Bupati Banyumas, Achmad Husein, menghimbau masyarakat untuk tetap memakai masker meski berada di rumah. Halnitu dituturkan dalam video yang diupload di instagram pribadinya.

Ia mengatakan klaster keluarga baru terus ditemukan seiring meningkatnya kasus positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Banyumas.

Hingga saat ini, positivity rate kasus baru di wilayah Banyumas mencapai 4,32 yang mendekati angka 5. Dimana tiap harinya ada kasus baru 5-6 dan hari ini (kemarin) meningkat hingga 18 kasus.

"Klaster keluarga sudah mendominasi, dimana kalau satu keluarga sudah terpapar, seluruh anggota keluarga di dalam rumah semuanya terkena. Contohnya sudah banyak. Jika ada anggota komorbid atau memiliki penyakit bawaan, kita harus melindungi mereka," katanya.

Cara melindungi anggota keluaraga yakni dengan memakai masker saat berkomunikasi. "Terlebih lagi saat ada yang terkena sakit. Seperti penyakit hipertensi, diabetes, atau penyakit dalam lainnya," katanya

"Ini adalah cara yang bijaksana untuk melindungi mereka," tambahnya.

Husein pun menegaskan akan mengevaluasi pelonggaran yang telah dilakukan selama beberapa saat yang lalu menyusul meningkatnya kasus positif Covid-19 di wilayah Banyumas.

Pengetatan jam malam serta penutupan sekolah akan diberlakukan kembali menyusul ditemukannya kasus positif di salah satu SMP saat uji coba pembukaan sekolah kembali. "Saya akan menyusun SK untuk melegalkan kebijakan tersebut," pungkasnya. (ali/zul)

Sumber: