Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Indonesia berhasrat ingin menjadi tuan rumah pada pesta olahraga dunia Olimpiade 2032. Terlebih saat ini Komite Olimpiade Internasional atau International Olympic Committee (IOC) mengubah norma baru untuk menjadi tuan rumah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh jajarannya untuk mempelajari penetapan norma baru tuan rumah Olimpiade oleh IOC. Indonesia yang telah mendaftar menjadi kandidat tuan rumah Olimpiade 2032 berharap bisa lolos seleksi.

"Saya mendapat laporan bahwa IOC sekarang menetapkan norma baru untuk tuan rumah Olimpiade yang lebih sederhana, yang hemat biaya. Saya kira norma baru ini baik untuk dipelajari," katanya

Dalam Rapat Terbatas tentang Rencana Pencalonan Indonesia Menjadi Tuan Rumah Olimpiade Tahun 2032, yang diselenggarakan melalui video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (4/11).

Dia meminta agar norma baru ini perlu untuk diadaptasi. Sebab dia menilai filosofi baru yang hendak diangkat bukan lagi untuk menunjukkan gebyar kemewahan penyelenggaraan Olimpiade 2032, namun sejauh mana kreativitas dan inovasi bisa dilakukan.

"Saya minta roadmap pencalonan kita untuk tuan rumah 2032 ini betul-betul disiapkan dengan baik berdasarkan timeline yang disiapkan IOC," katanya.

"Penentuan tuan rumah akan ditetapkan pada 2024 dan proses seleksi dimulai selambat-lambatnya 2023, saya rasa ini roadmap-nya perlu disiapkan," tambahnya.

Jokowi menegaskan pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 bukan untuk “gagah-gagahan”. Namun untuk menaikkan citra dan martabat bangsa.

“Karena pencalonan ini harus kita jadikan momentum untuk menata diri. Momentum untuk memperbaiki berbagai hal yang selama ini masih kurang,” ungkapnya.

Untuk itu, dia menginstruksikan agar jajarannya menyiapkan infrastruktur olahraga, meningkatkan pembinaan untuk para atlet, dan juga visibilitas global bagi Indonesia terkait pencalonan menjadi tuan rumah, dan hal lainnya.

“Asian Games maupun Asian Para Games di 2018 telah sukses kita selenggarakan. Ini membuka rasa percaya diri dan mata dunia bahwa RI mampu jadi tuan rumah yang baik dalam acara internasional,” ujarnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Presiden Jokowi telah memerintahkan jajarannya membentuk komite khusus untuk mempersiapkan pencalonan Indonesia kepada IOC.

“Presiden memberikan arahan, pertama siapkan tim dalam wujud komite khusus untuk persiapan bidding tuan rumah Olimpiade 2032, kedua adalah menyiapkan anggaran,” katanya.

Dilanjutkan Zainudin, Jokowi juga meminta segala hal yang terkait bidding seperti proposal, ataupun uji kelayakan (feasibility studies) dipersiapkan secara matang bersama Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan lembaga terkait lainnya.

Sumber: