Tanggap Bencana, Masyarakat Brebes Diminta Ikut Terlibat

Tanggap Bencana, Masyarakat Brebes Diminta Ikut Terlibat

Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kecamatan Ketanggungan merupakan salah satu wilayah yang sering terjadi banjir. Karenanya, perlu ada kepedulian dan komunikasi masyarakat dalam ikut mengantisipasi musibah banjir 

Kepala Dinas Pengelola Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDAPR) Kabupaten Brebes melalui Kepala Bidang (Kabid) Konservasi Sumber Daya Air Mulyadi mengatakan, beberapa tahun terakhir, DAS Babakan menjadi wilayah yang sering terjadi banjir. 

"Kita harapkan, masyarakat juga ikut berperan dalam antisipasi terjadinya musibah banjir di DAS Babakan. Terutama generasi pemuda yang memang akan kita gandeng," jelasnya, Selasa (3/11).

Dijelaskannya, pihaknya juga sudah membentuk Pemuda Siaga Peduli Banjir (PSPB). Dengan harapan, bisa terus memberikan sosialisasi ke masyarakat terkait pencegahan bencana banjir. Khususnya di DAS Babakan.

"Nantinya kita harapkan pemuda ini bisa menjadi motor penggerak ke warga untuk ikut peduli dalam antisipasi banjir," ucapnya.

Selain itu, nantinya PSPB juga diminta ikut memberikan edukasi ke masyarakat agar tidak mendirikan bangunan di sekitar wilayah DAS Babakan. Serta, mengajak warga agar tidak membuang sampah di DAS Babakan.

"PSPB ini sebagai wujud kami dalam antisipasi jika terjadi banjir. Jadi, jangka panjangnya kita harapkan setiap desa akan dibentuk PSPB," pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam beberapa hari terakhir DAS Babakan menjadi wilayah rawan terjadinya banjir. Karenanya, perlu ada kerja sama antarelemen pemerintah, masyarakat, tokoh pemuda dan lainnya dalam penanganan antisipasi banjir di wilayah tersebut. (ded/ima)

Sumber: