Masa Pandemi, Kasus Narkoba di Pemalang Meningkat

Masa Pandemi, Kasus Narkoba di Pemalang Meningkat

Kasus penyalahgunaan narkoba di Pemalang justru naik di masa pandemi Covid-19 saat ini. Hingga bulan November ini, Polres Pemalang sedikitnya sudah membekuk 35 orang tersangka dari 28 kasus yang terungkap. 

"Dibanding tahun sebelumnya, untuk kasus narkoba di Pemalang artinya mengalami kenaikan hingga 33 persen," ujar Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho saat konferensi pers, Senin (2/11) siang. 

Ronny menyebut, salah satu penyebab meningkatnya kasus itu, di antaranya, ditemukan peredaran narkoba melalui pemesanan secara online selama pandemi Covid-19. 

Sebagaimana tersangka DR (42) yang baru-baru ini ditangkap di rumahnya di Kelurahan Mulyoharjo Kecamatan Pemalang. Saat penggeledahan, polisi menemukan ganja sisa pemakaian yang diletakkan di atas lemari pakaian.

"Dari hasil pemeriksaan, tersangka mendapatkan barang terlarang tersebut melalui pemesanan online," lanjut kapolres.

Namun, polisi menurutnya tidak lengah, dan terus berupaya untuk mengantisipasi peredaran barang terlarang tersebut di wilayah Kabupaten Pemalang yang menjadi jalur perlintasan di Jawa tengah. 

Selain pencanangan kampung bersih narkoba dan sosialisasi, menurutnya orang tua maupun orang terdekat juga cukup berperan untuk ikut mencegah peredaran narkoba. (sul/ima)

Sumber: