Libur Panjang, Malam Ini Diprediksi Puncak Arus Balik di Brebes

Libur Panjang, Malam Ini Diprediksi Puncak Arus Balik di Brebes

Puncak arus balik libur panjang akhir pekan ini diprediksi akan terjadi pada Minggu (1/11) malam ini. Hal ini dilihat dari pantauan di lapangan arus lalu lintas dari arah Semarang-Jalarta mulai dilalui kendaraan pemudik.

Kasatlantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifah mengatakan, hingga Minggu sore tadi, kendaraan dari arah timur ke barat di jalur pantura masih lancar. Begitupun arus lalu lintas di jalur Tol Pejagan-Pemalang. Sedangkan jalur selatan dari arah Purwokerto-Bumiayu menuju ke arah barat tidak ada hambatan. 

"Diperkirakan puncak arus balik terjadi nanti malam. Ini disebabkan Senin besok sudah masuk kerja," ungkapnya usai memantau arus balik di Tol Brexit.

Dijelaskannya pula, selama arus balik ini, pihaknya telah mengalihkan kendaraan besar atau sumbu tiga agar melintas di jalur pantura. Ini tidak lain sebagai antisipasi jika terjadi peningkatan volume kendaraan di jalur tol. Jika terjadi kepadatan arus, pihaknya akan mengalihkan kendaraan dari tol ke jalur pantura. 

"Untuk sampai tadi siang, arus lalu lintas masih normal. Dan rekayasa lalu lintas belum diberlakukan. Namun, jika terjadi peningkatan volume kendaraan, kami akan alihkan kendaraan dari tol ke jalur pantura," jelasnya.

Untuk rest area, pihaknya sudah menyiapkan Rest Area B260 Banjaratma yang berkapasitas 1400 parkir kendaraan. Namun, dari pantauan pihak Satlantas, di Rest Area B260 juga baru terisi seperempat dari 1.400 space parkir kendaraan. Sehingga masih tersedia banyak tempat kosong untuk pengendara arus balik untuk beristirahat. 

"Sementara ini kendaraan pribadi masih mendominasi arus balik libur panjang kali ini. Dan untuk kendaraan besar kita alihkan ke pantura," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: