Banjir Cilacap Meluas, Ribuan Warga Mengungsi

Banjir Cilacap Meluas, Ribuan Warga Mengungsi

Banjir di wilayah Kecamatan Kroya semakin meluas. Sejumlah ruas jalan raya pun ikut tergenang.

Jumat (30/10) kemarin, tercatat ada enam desa di Kecamatan Kroya yang terendam akibat banjir. Camat Kroya, Luhur Satrio Muchsin menjelaskan ribuan warganya sudah banyak yang mengungsi.

Namun masih ada sebagian warga yang memilih bertahan meski air sudah masuk ke dalam rumah. "290 jiwa memilih bertahan di tanggul Sungai Tipar, Dusun Karag Desa Gentasari dengan membuat tenda-tenda evakuasi mandiri. Adapun kebutuhan makanan didrop dari dapur umum," kata Satrio.

Berdasarkan data yang dihimpun radarbanyumas.co.id, enam desa yang terdampak yakni Desa Mujur, Desa Mujur Lor, Desa Kedawung, Desa Gentasari, Desa Sikampuh, dan Desa Pucung Lor.

"Ketinggian air saat ini cukup variatif, dari 70 sentimeter hingga 120 sentimeter. Kita sudah membuka dapur umum dan posko di masing-masing desa yang terdampak," ujar Camat.

Sebelumnya, banjir mulai menggenangi pemukiman warga sejak Senin (26/10). Air sempat surut, namun akibat hujan deras yang terus terjadi, banjir kembali meluas ke sejumlah desa di Kecamatan Kroya hingga saat ini. (ray/zul)

Sumber: