Libur Panjang, Polisi Gelar Operasi Zebra Selama 14 Hari

Libur Panjang, Polisi Gelar Operasi Zebra Selama 14 Hari

Memasuki pelaksanaan libur panjang, jajaran Kepolisian akan menggelar operasi zebra 2020. Kegiatan yang akan berlangsung selama dua pekan itu, menyasar sejumlah pelanggaran lalu lintas yang kerap terjadi.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan operasi Zebra akan digelar sejak 26 Oktober hingga 8 November mendatang. Itu dikakukan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban serta kelancaran dalam berlalulintas.

"Sasarannya menciptakan Kamseltibcarlantas dan pencegahan perluasan penyebaran covid-19," katanya.

Menurut Rita, sasaran penindakan dalam operasi itu yakni pelanggaran pelanggaran lalu lintas. Seperti tidak menggunakan helm, melawan arus, kendaraan pick up angkut penumpang, kelengkapan kendaraan dan melanggar rambu dan marka jalan.

"Namun, dalam operasi kali ini, lebih mengutamakan tindakan preemtif dan preventif untuk menjaga ketertiban lalu lintas,"jelasnya. 

Selain itu, kata Rita, selama Operasi Zebra Candi 2020 kali ini juga akan dilakukan pengamanan libur panjang Maulid Nabi SAW. Pihaknya sudah menyiapkan rekayasa rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan untuk menghindari kepadatan arus mudik dan arus balik.

"Nantinya, ada pos pengamanan dan pos terpadu yang di buat di terminal dan pasar anyar," tegasnya. (muj/zul)

Sumber: