Purwahamba dan Maribaya Dilanda Kekeringan, Pemkab Tegal Droping Air Bersih

Purwahamba dan Maribaya Dilanda Kekeringan, Pemkab Tegal Droping Air Bersih

Dua desa di wilayah Pantura Kabupaten Tegal mulai dilanda kekeringan. PMI Kabupaten Tegal langsung mendroping air bersih ke dua desa tersebut. 

Adapun desa yang didroping air bersih meliputi, Desa Purwahamba Kecamatan Suradadi dan Desa Maribaya Kecamatan Kramat. 

Ketua PMI Kabupaten Tegal Imam Sisworo, Senin (19/10) mengatakan, penyaluran air bersih di dua desa tersebut dilakukan oleh tim relawan Palang Merah Indonesia (PMI). Dua desa itu mengalami kesulitan air bersih karena sumur milik warga sudah mulai mengering. 

"Bukan hanya sumur warga yang mulai kering. Sungai yang ada di dua desa tersebut juga sudah kering," katanya.

Penerima manfaat air bersih, tambah Imam Sisworo, di Desa Purwahamba sebanyak 279 kepala keluarga (KK). Jumlah itu terbagi di RT 3 RW 2 (55 KK), RT 4 RW 2 (45 KK), RT 5 RW 2 (89 KK) dan RT 7 RW 2 (90 KK). Sedangkan di Desa Maribaya sebanyak 279 KK. Air bersih didistribusikan ke wilayah RW 2. 

"Air bersih kami bagikan merata. Supaya warga yang mengalami kekeringan mendapat suplai air bersih," tambahnya.

Pada masyarakat yang kesulitan air bersih, lanjut Imam Sisworo, supaya mengusulkan bantuan ke PMI. Selain itu, masyarakat juga dapat meminta bantuan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal. Usulan dapat dilakukan melalui desa atau kelurahan dan dilanjutkan ke camat.

"Nanti pihak kecamatan bisa koordinasi dengan PMI atau BPBD. Selanjutnya droping air bersih sudah bisa dilakukan," tambahnya. (guh/ima)

Sumber: