Brighton vs Chelsea, Pembuktian Skuad Rp3,8 Triliun

Brighton vs Chelsea, Pembuktian Skuad Rp3,8 Triliun

Musim ini ambisi Chelsea membeli pemain hebat tengah menggila. The Blues (julukan Chelsea) telah mendatangkan Hakim Ziyech, Timo Werner, Ben Chilwell, Thiago Silva, Malang Sarr, Xavier Mbuyamba, dan Kai Havertz musim panas ini. Angkanya pun nyaris GBP 200 juta (Rp3,8 triliun).

Angka tersebut bisa saja bertambah. Seperti penuturan jurnalis TalkSport, Fabrizio Romano. Pelatih Chelsea Frank Lampard juga merencanakan perekrutan bintang West Ham, Declan Rice dan penjaga gawang asal Senegal, Edouard Mendy dari Rennes.

"Saat ini banyak yang meragukan Kepa Arrizabalaga memiliki serangkaian penampilan buruk. Sepertinya Mendy diberikan peluang untuk berbicara banyak di Stamford Bridge," ujar Fabrizio.

Chelsea pun juga belum berhenti membidik pemain baru. Hasil posisi empat Premier League musim lalu memang bukan raihan yang bagus buat klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu.

Namun kalau melihat bagaimana situasi mereka tahun lalu, bisa dimaklumi jika pencapaian The Blues telah melampaui ekspektasi. Toh, mereka sedikit "sakit hati" usai ditinggalkan Eden Hazard ke Real Madrid.

Jikalau Chelsea meraih pemain muda dan belum sama sekali menginjak Liga Inggris, Lampard justru tak kaget. Ini menjadi standar baru buat skuat muda Chelsea yang harus dilampaui.

Bebannya cukup berat, apalagi kalau melihat bagaimana tim lain berbenah. Namun Lampard tetap mengusung ambisi yang besar.

Ekspektasi Chelsea atas tim muda akan jor-joran saat meladeni perlawanan tuan rumah Brighton di pekan perdana Premier League 2020/21, dini hari (15/9) nanti. Ya, duel di Amex Stadium bisa menjadi unjuk kebolehan skuad Rp3,8 triliun tersebut.

"Saya memahami musim ini akan berbeda tekananya (kepada pemain). Tapi saya tak butuh pemain yang hanya bertarung hanya (merebut) empat besar. Saya juga tidak melatih di sini untuk mengorbitkan para pemain akademi saja," ungkap Lampard dalam konferensi pers jelang laga.

Kendati di atas kertas lebih difavoritkan, The Seagulls (julukan Brighton) tak bisa dianggap sebelah mata. Brighton baru saja mendatanhkan Adam Lallana secara gratis dari Liverpool dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas lini tengah. Brighton diprediksi akan memberikan perlawanan sengit kepada Chelsea jika berkaca pada hasil dua duel terakhir.

Manajer Brighton Graham Potter memahami bahwa ambisi belanja Chelsea terlihat sangat jelas untuk merebut gelar musim depan. “Niatnya jelas, mereka ingin bersaing, mereka ingin bersaing di puncak,” kata Potter, dikutip dari Sportsmole.

“Sebelum jendela transfer dibuka, saya sudah mengerti kami akan menghadapi Chelsea saat mereka masih dinakhodai Jose Mourinho (2003-2005). Mereka bakal terus maju dan mencoba bersaing untuk gelar," tambahnya.

Dilansir dari Transfermarkt, Brighton jauh lebih hemat dengan pengeluaran pra-musimnya yakni GBP 3,5 juta. Selain Adam Lallana, mereka juga mendatangkan Joel Veltman. Pemain itu dibeli dari Ajax dengan harga kurang dari GBP 1 juta (Rp19 miliar). (fin/zul/tgr)

Sumber: