Gudang Jagung di Pemalang Terbakar, Pemadaman Terpaksa Dibantu Eksavator

Gudang Jagung di Pemalang Terbakar, Pemadaman Terpaksa Dibantu Eksavator

Gudang jagung di PT Terbit Baru Abadi Jalan Ahmad Dahlan Kelurahan Pelutan Kecamatan Pemalang, terbakar. Hingga Minggu (6/9) pagi, pemadaman masih dilakukan oleh tim pemadam kebakaran.

"Situasi pagi, Tim Damkar masih di lokasi kebakaran," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemadam Kebakaran Satpol PP Pemalang Diar Hendrayanto. 

Diar mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan kebakaran pada petang kemarin, Sabtu (5/9). Kebakaran gudang jagung tersebut menurutnya berasal pembakaran sampah tidak jauh dari lokasi. 

"Diduga api berasal dari orang yang bakar sampah di sampingnya, kerugian belum dihitung, info selanjutnya menyusul," katanya.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Pemadam Kebakaran Sonhaji mengatakan, empat unit armada pemadam dan bantuan tiga unit tank air dari BPBD Pemalang dikirimkan ke lokasi untuk memadamkan api. Namun, karena yang terbakar adalah tapioka kering yang bertumpuk di dalam karung plastik, proses pemadaman lebih sulit. Hingga sampai pagi.

"Dari delapan truk air yang kita siram tidak meresap, hanya padam di bagian atas, sementara di bagian bawah masih membara sehingga asap mengepul dan bila terkena tiupan angin menyala lagi," katanya.

Satunya cara adalah diurai dengan bego atau eksavator karena ketebalannya mencapai beberapa meter dan alat itu tidak ada. Proses pemadaman pun jadi lama dan dilanjutkan pagi hari. (sul/ima)

Sumber: