Hadapi Bulgaria U-19, Timnas U-19 Kejar Kemenangan Pertama

Hadapi Bulgaria U-19, Timnas U-19 Kejar Kemenangan Pertama

Timnas U-19 Indonesia akan menjalani laga perdana internasional-nya di tengah pandemi. Laga uji coba bertajuk International U-19 Friendly Tournament 2020 itu, Garuda Muda akan menghadapi Bulgaria di Stadion Igraliste NK Polet, Kota Pribislavec, Kroasia, nanti malam (Live Net TV Pukul 21.30 WIB).

Laga ini menjadi ujian pertama anak asuh Shin Tae-yong selama mengikuti pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Selama sepekan, Elkan Baggot dan kolega menjalani latihan di negeri berjuluk Vatreni tersebut. Setiap hari, mereka mendapat latihan tiga kali pada pagi, sore dan malam hari.

Pelatih Timnas U-19 Indonesia Shin Tae Yong mengatakan, bahwa dirinya dan jajaran pelatih Timnas Indonesia U19 tidak mematok kemenangan dalam gelaran ujicoba yang juga melibatkan Krosia dan Arab Saudi tersebut.

"Saat ini kami sedang menjalani latihan dengan intensitas yang tinggi dengan menu fisik yang sangat keras. Jadi besok akan menjadi pertandingan yang tidak mudah bagi kami. Namun kami harus membentuk mental dan intinya tim ini masih berproses," kata pelatih 49 tahun itu.

Mantan nakhoda Negeri Gingseng itu mengaku bahwa Bulgaria merupakan tim yang kuat. Ia sendiri sudah melihat dan menganalisa pertandingan Bulgaria melawan Kroasia pada Rabu (2/9) lalu. Di partai pembuka, Timnas Kroasia U19 memetik kemenangan berkat skor ketat 3-2 atas Bulgaria.

Shin mengatakan, Bulgaria datang dengan semangat penuh. Meski kalah tiga gol di babak pertama, dua gol Bulgaria tercipta dari Tonev dan Alexandrov di babak kedua."Bulgaria secara postur tubuhnya besar dan tinggi. Secara fisik juga staminanya bagus. Intinya pertandingan besok tidak mudah bagi kami,” jelasnya.

Ya, secara sejarah, Bulgaria U19 punya catatan emas di benua biru. Anak asuh Angel Stoykov pernah tiga kali merebut juara Piala Eropa U19, dua kali runner-up, serta tiga kali menembus babak semifinal. Tim ini juga sempat mencapai perempat final Piala Dunia U19 tahun 1985 dan 1987.

”Meski demikian, tujuan kami ke Eropa adalah pemusatan latihan dan untuk mencari pengalaman dan melihat perkembangan tim," tambah Legenda klub Korea Selatan, Seongnam FC itu.

Pasukan Garuda Muda wajib mewaspadai gerakan Vladimir Nikolov. Akselarasi punggawa PFC Septemvri Sofia itu cukup membahayakan lini pertahanan Indonesia. Pemain 18 tahun itu telah mengoleksi dua gol dari 3 capsnya bersama Bulgaria U19.

Gelandang U-19 Indonesia, David Maulana mengatakan bahwa dirinya dan para pemain lain sudah siap melakoni perlawanan Bulgaria. "Kami sudah siap menjalani laga uji coba melawan Bulgaria. Saat ini selama sepekan tim pelatih masih memberikan porsi latihan fisik dengan intensitas tinggi kepada kami," kata David.

"Bulgaria tim yang bagus, kami sudah melihat video pertandingan mereka saat melawan Kroasia. Intinya pada uji coba nanti kami dapat mencari pengalaman melawan Bulgaria dan tim terus mengalami perkembangan yang bagus," tambah pemain Barito Putera tersebut.

Setelah melawan Bulgaria, Indonesia akan menantang tuan rumah Kroasia pada 8 September, dan 11 September berduel dengan Arab Saudi.Selain mengikuti turnamen tersebut, skuat Garuda Muda juga akan melawan Qatar, Bosnia dan Herzegovina, serta Dinamo Zagreb selama di Kroasia. TC di Kroasia dijadwalkan hingga akhir September ini. (fin/zul/tgr)

Sumber: