Istri dan Anak Kades di Brebes yang Positif Ikut Jalani Uji Swab

Istri dan Anak Kades di Brebes yang Positif Ikut Jalani Uji Swab

Senin (31/8) pagi, sedikitnya enam orang kembali menjalani uji swab di Puskesmas Kalimati. Tes tersebut menyusul kabar kepala Desa (Kades) Kalimati terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19).

Kepala Puskesmas (Kapus) Kalimati Amin Sugiarto mengatakan, keenam orang itu merupakan orang yang sempat kontak erat dengan kades. Terdiri dari istri, anak, pembantu dan karyawan.

"Hari ini kita lakukan swab terhadap orang yang kontak erat dengan Pak Kades (pihak keluarga)," ujarnya.

Dijelaskannya, hasil uji swab tersebut akan langsung dikirim ke Semarang. Dirinya berharap hasil uji swab kepada keluarga kades negatif.

"Kalau untuk kondisi keluarga Pak Kades sendiri semuanya dalam kondisi sehat. Semoga, hasilnya nanti negatif," harapnya.

Ditambahkannya, untuk uji swab kepada keluarga kades baru bisa dilakukan hari ini. 

"Sebelumnya pas tracking uji swab kepada belasan aparatur desa dan sanak saudara, pihak keluarga sedang menjaga Pak Kades. Jadi lewat koordinasi dengan Pak Kades, pihak keluarga baru bisa diuji swab hari ini," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, hasil tracking yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes terkait konfirmasi positifnya kepala Desa (Kades) Kalimati Kecamatan Brebes telah keluar, Senin (31/8). Dari 15 yang dilakukan tracking dengan uji swab, baru ada 12 keluar. Dari 12 itu, tiga orang dilaporkan positif virus corona (Covid-19).

Amin menjelaskan, dari 15 orang yang diuji swab beberapa hari lalu tinggal tiga yang belum ke luar hasilnya. Untuk tiga orang yang hasil swabnya positif, nanti akan dilakukan isolasi mandiri.

"Sepertinya tidak ada gejala. Karenanya, kita akan menyarankan untuk melakukan isolasi," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: