Di Tengah Pandemi, Usaha Pengelasan di Brebes Butuh Perhatian

Di Tengah Pandemi, Usaha Pengelasan di Brebes Butuh Perhatian

Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), sektor industri kecil menengah (IKM) butuh perhatian. Salah satunya usaha bidang pengelasan yang saat ini ilmunya masih turun temurun.

Direktur Jenderal IKM dan Aneka Kemenperin Endang Suwartini mengatakan, saat ini pelaku usaha pengelasan yang ada ilmunya masih lewat turun temurun. Sehingga, perlu ada peningkatan dalam membantu perekonomian mereka di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Jadi, perlu ada pendampingan," jelasnya.

Karena itu, kata dia, pihaknya melakukan pembekalan pelatihan kerja melalui sistem online (daring) terhadap pelaku usaha pengelasan di Brebes. Sehingga masyarakat pelaku IKM dapat bertahan di situasi seperti saat ini.

"Selain mendapatkan pelatihan, pelaku usaha pengelasan juga mendapatkan kelonggaran kredit secara stimulus yang merupakan kebijakan dari OJK," jelasnya. 

Ditambahkannya, usaha di bidang pengelasan saat ini memiliki potensi bertahan meski di tengah pandemi seperti ini. 

"Saat ini industri pengelasan sangat dibutuhkan. Karenanya, kita beri pendampingan terhadap pelaku usaha pengelasan agar tetap bisa bertahan," pungkasnya. 

Salah seorang peserta pelatihan Dani (42) mengaku senang bisa ikut pelatihan tersebut. Dirinya bisa meningkatkan kemampuan yang dia miliki selama ini.

"Banyak pengetahuan yang didapat setelah mengikuti pelatihan ini. Salah satunya yakni melihat hasil pengelasan yang sempurna atau tidak," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: