Pegawai KPK Mudah Jadi ASN Bikin Hononer K2 Cemburu Berat

Pegawai KPK Mudah Jadi ASN Bikin Hononer K2 Cemburu Berat

Ketua Umum Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) Titi Purwaningsih mengakui jika tenaga honorer K2 cemburu berat dengan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal ini menyusul pengalihan status pegawai lembaga itu menjadi aparatur sipil negara (ASN), baik PNS maupun PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Mereka kesal karena begitu mudahnya pemerintah menerbitkan PP 41 Tahun 2020 yang menjadi regulasi pengalihan status tersebut. 

"Wajar-wajar saja bila mereka cemburu ke pegawal KPK," ujarnya dikutip dari JPNN. 

Tanpa melewati perjuangan, status PNS maupun PPPK otomatis bisa mereka sandang. Berbeda dengan honorer K2 yang harus berdarah-darah berjuang. Itu pun sampai sekarang masih belum jelas. 

"Ya, kalau teman-teman kecewa, kesal, cemburu, wajar toh. Namanya manusia biasa. Mau pegawai KPK senang atau enggak diangkat menjadi PPPK dan PNS hak mereka. Kami hanya melihat dari sisi kebijakannya," kata Titi, Selasa (25/8). 

Kenapa, lanjut Titi, pegawai KPK yang sudah sejahtera di lembaga adhoc malah mau dipaksa jadi PNS maupun PPPK. 

Sementara honorer K2 yang sudah puluhan tahun berharap dan hidup di bawah standar kehidupan layak malah tidak diperjuangkan pemerintah.

"Apa mungkin honorer K2 ini kurang tajinya ya makanya sengaja dibiarkan. Kalau pegawai KPK tajinya tajam makanya mau ditumpulin," ujar Titi dengan nada kesal.

Titi mengaku kewalahan menerima pertanyaan kawan-kawannya terkait alih status pegawai KPK ini. Di lapangan, beredar kencang bahwa begitu enak pegawai KPK. Tidak berjuang, tidak minta status PNS maupun PPPK tetiba dikasih begtu saja aturan untuk jadi ASN. 

"Memang aneh, yang enggak minta dan enggak mau jadi ASN dikasih regulasi. Honorer K2 yang minta terus dipersulit dengan berbagai alasan yang dibuat-buat," tandasnya. (esy/jpnn/ima)

Sumber: