Hasil Tracking Pasutri Dokter di Brebes, Dua Orang Positif Covid-19

Hasil Tracking Pasutri Dokter di Brebes, Dua Orang Positif Covid-19

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes melakukan tracking kepada 61 orang yang kontak erat dengan dua dokter yang terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) dengan uji swab. Hasilnya, dua dari 61 orang tersebut dinyatakan positif.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Brebes Imam Budi Santoso mengatakan, setelah terkonfirmasi positifnya dua dokter di Brebes, dinkes setempat langsung melaksanakan tracking ke 61 orang yang kontak erat dengan keduanya. Baik itu, di tempat kerja (puskesmas), tempat praktik maupun di lingkungan tempat tinggal.

"Dari hasil tracking terhadap 61 orang itu, dua diantaranya dinyatakan positif," ujarnya, Minggu (23/8).

Imam menjelaskan, kedua orang yang dinyatakan positif tersebut merupakan sampel swab yang diuji di RSUD Brebes. Total ada delapan sampel swab yang diuji di RSUD Brebes. Dua hasilnya positif dan enam negatif.

"Sedangkan sampel swab yang dikirim ke provinsi hasilnya belum keluar. Yakni, total ada 53 sampel swab yang dikirim ke Labolatorium Kesehatan Semarang," jelasnya.

Ditambahkan, untuk dua orang yang terkonfirmasi positif itu merupakan tenaga kesehatan (nakes) yang sempat kontak erat dengan dokter yang terkonfirmasi positif. Keduanya sudah melakukan isolasi mandiri.

"Dengan pengawasan dari tim medis," jelasnya.

Diungkapkannya, kondisi kedua nakes tersebut dalam keadaan normal. Begitu juga keadaan kedua dokter yang saat ini sudah berangsur membaik, terutama sang suami.

Untuk mengantisipasi penambahan kasus, lanjutnya, pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan. Baik itu melalui tracking maupun disinfektan.

"Sudah, sudah kita lakukan tracking dan penyemprotan disinfektan. Ini sebagai upaya agar penyebaran virus corona tidak meluas," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: