Seminggu, 1.480 Orang di Pemalang Dirapid Test, 687 Langsung Uji Swab

Seminggu, 1.480 Orang di Pemalang Dirapid Test, 687 Langsung Uji Swab

Penularan Covid-19 di Pemalang masih terus terjadi. Sampai saat ini terdapat 94 kasus positif, dengan rincian 38 pasien masih dirawat, 51 orang sembuh, dan 5 pasien meninggal dunia. 

Anggota Gugus Tugas dr. Yulis Nuraya, yang juga kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pemalang mengatakan, sejauh ini upaya tracing dan testing terus dilakukan terhadap masyarakat yang pernah memiliki kontak dekat dengan pasien.

"Dalam kurun waktu satu minggu, sudah kami lakukan rapid test terhadap 1480 orang dan untuk yang reaktif kami lanjutkan swab," katanya.

Dalam kurun waktu yang sama, kata Yulies, 687 orang juga sudah menjalani pengambilan sampel lendir atau swab. Pihaknya juga meminta masyarakat untuk jujur dan terbuka bila pernah berkontak dekat dengan pasien Covid-19.

"Untuk hasilnya kami sampaikan bertahap, karena memang belum seluruhnya keluar," imbuhnya. 

Dia menilai, tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan masih rendah. Dalam giat patroli adaptasi kenormalan baru, menurutnya masih banyak dijumpai masyarakat yang tidak mengenakan masker dan menciptakan kerumunan.

"Karena itu, kami mengajak semua komponen masyarakat, kami imbau tokoh agama dan alim ulama, pimpinan parpol, ormas dan kalangan dunia usaha dan sebagainya untuk bersama-sama memelopori protokol kesehatan untuk memutus penularan Covid-19," pungkasnya. (sul/ima)

Sumber: