Sebagian Besar Daerah Mulai Masuki Puncak Musim Kemarau

Sebagian Besar Daerah Mulai Masuki Puncak Musim Kemarau

Sebagian besar wilayah Indonesia mulai memasuki puncak musim kemarau. Terutama wilayah-wilayah yang berada di bagian selatan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim kemarau mulai masuk di sebagian besar wilayah Indonesia di bagian selatan. Periode puncak kemarau tersebut ditandai dengan penguatan angin Monsun Australia.

"Angin Monsun Australia mengalirkan massa udara dingin dan kering dari Benua Australia menuju Asia melewati Samudera Indonesia dan wilayah benua maritim Indonesia," tulis BMKG dalam keterangan resminya, Jumat (31/7).

Dalam pemaparannya, BMKG menyebut musim kemarau kini terjadi pada 69 persen dari 342 daerah Zona Musim (ZOM) di Indonesia. Semakin menguatnya aliran angin Monsun Australia biasanya berkaitan dengan perkembangan sistem tekanan tinggi atmosfer di atas Benua Australia yang mendorong masa udara memiliki aliran yang lebih kuat dari biasanya.

"Adapun musim kemarau telah menimbulkan potensi kekeringan secara meteorologis pada 31 persen ZOM berdasarkan indikator Hari Tanpa Hujan (HTH) berturut-turut. Deret hari kering bervariasi dalam hitungan hari hingga bulan," lanjut BMKG.

Berdasarkan data yang dimiliki, BMKG memprediksi Agustus sebagai puncak musim kemarau bagi sebagian besar wilayah yang telah mengalami kemarau.

"Sebanyak 65 persen ZOM akan mengalami puncak musim kemarau tersebut yaitu sebagian besar NTT, NTB, Bali, sebagian besar Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, sebagian Kalimantan bagian selatan, Sulawesi Selatan serta Papua bagian selatan," ungkapnya.

Sedangkan 19 persen ZOM diprediksi mengalami puncak musim kemarau pada September, yaitu meliputi sebagian besar Sumatera bagian tengah, Kalimantan bagian selatan, tengah dan timur, Sulawesi bagian barat dan Maluku.

Puncak musim kemarau didefinisikan sebagai bulan atau periode waktu terkering. Kondisi tersebut ditandai dengan dengan curah hujan yang turun di wilayah yang sedang mengalami kemarau berada pada tingkat paling rendah/minimum.

BMKG mengimbau pemerintah daerah, pengambil keputusan dan masyarakat luas untuk lebih siap dan antisipatif terhadap kemungkinan dampak puncak musim kemarau terutama di wilayah yang rentan terhadap bencana kekeringan meteorologis, kebakaran hutan dan lahan serta ketersediaan air bersih.

Tidak itu saja, dikutip dari laman resminya, web.meteo.bmkg.go.id, BMKG juga memprediksi akan adanya cuaca ekstrem pada awal pekan ini di sejumlah wilayah.

Dalam laman tersebut dijelaskan adanya daerah perlambatan kecepatan angin/konvergensi terpantau memanjang dari Kalimantan Tengah bagian Utara hingga Kalimantan Utara bagian Utara, dan memanjang dari Papua bagian Tengah hingga Papua Barat bagian Tengah.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi. Potensi pertumbuhan awan hujan muncul di wilayah Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kep. Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku, Malut, Papua Barat dan Papua.

Potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang dan petir akan terjadi di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Papua, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Maluku Utara, dan Maluku.

Sumber: