Salat Jenazah kok Ada Rukunya, Videonya pun Langsung Viral

Salat Jenazah kok Ada Rukunya, Videonya pun Langsung Viral

Video salat jenazah berdurasi 1:21 menit itu mendadak viral di media sosial (medsos). Pasalnya dalam tayangan tersebut memperlihatkan petugas yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap menunaikan salat jenazah covid-19 menggunakan ruku.

Dalam tayangan video terlihat lima petugas yang tengah melakukan salat jenazah. Sang Imam yang berdiri paling depan, terlihat beberapa kali ruku setelah takbir. Padahal, dalam salat jenazah tidak ada ruku.

Namun, kendati sang imam beberapa kali ruku, keempat petugas yang menjadi makmun di belakangnya tidak mengikuti sang imam. Makmun itu ternyata lebih paham salat jenazah ketimbang sang imam.

Video yang belum diketahui di mana lokasinya itu diduga direkam secara sembunyi-sembunyi, dan disebar netizen. Seperti terlihat di akun Instagram ndorobeii.

“Viral salah jenazah kok pake ruku nya, tempat kejadian belum diketahui, nyang jelas di tempat pemakaman. Menurut saya, mungkin yang bersangkutan lupa tau tidak paham. Alangkah baiknya segala sesuatu diserahkan pada ahlinya.” Tulis akun ndorobeii.

Diketahui, salat jenazah berbeda dari salat lain pada umumnya. Dalam pelaksanaannya salat jenazah tidak memaki ruku, sujud, tahiyat awal dan akhir.

Urutan salat jenazah yakni niat, kemudian berdiri bagi yang mampu, lalu empat kali takbir. Selanjutnya mengangkat tangan saat takbir pertama. Kemudian membaca Al Fatihah. Membaca saawat nabi. Berdoa untuk jenazah dan diakhiri dengan salam. (fin/pojoksatu/zul)

 

 

Sumber: