Hasil Tracing Bupati Pemalang Keluar! 1000 Orang Lebih Rapid Test, 180 Jalani Swab

Hasil Tracing Bupati Pemalang Keluar! 1000 Orang Lebih Rapid Test, 180 Jalani Swab

Setelah Bupati Pemalang Junaedi dan istri, serta dua pejabat lain di lingkungan Pemkab Pemalang dinyatakan positif Covid-19, gugus tugas setempat langsung melakukan tracing. 

Beberapa orang yang pernah memiliki kontak dekat dengan keempat pejabat ini pun kemudian langsung menjalani rapid test, hingga dilanjutkan pengambilan sampel swab. 

Juru Bicara Penanggulangan Covid-19 Pemalang Tutuko Raharjo mengatakan, dari hasil tracing selama dua hari, 1000 orang lebih kini sudah menjalani tes cepat atau rapid test, yang terdiri dari ASN di lingkungan pemkab, TNI-Polri, lurah dan kades serta masyarakat sipil.

"Untuk hasilnya beberapa reaktif, dan dilanjutkan swab," ujar Tutuko, Kamis (23/7). 

Selain itu, hari ini, sebanyak 180 orang juga menjalani uji swab. Pengambilan sampel lendir untuk mendeteksi virus corona tersebut ditempatkan di halaman Gedung DPRD Pemalang. 

"Untuk swab hasilnya masih menunggu," lanjut Tutuko.

Pihaknya memastikan ketersediaan sarana tes tetap terpenuhi. Beberapa alat seperti PCR mobile juga sudah diajukan ke Pemprov Jawa Tengah. Diketahui, jumlah total kasus positif Covid-19 di Pemalang 77 orang, sembuh 39, masih dirawat 35 pasien, dan meninggal 3 orang. (sul/ima)

Sumber: