Singgung Pencalonan Gibran, Ernest Prakasa: Anak Presiden Ikut Pilkada

Singgung Pencalonan Gibran, Ernest Prakasa: Anak Presiden Ikut Pilkada

Gibran Rakabuming Raka dipastikan melenggang ke Pilkada Kota Solo. Hal ini setelah dia resmi direkomendasikan sebagai calon wali kota Solo, Jumat (17/7) oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Pencalonan putra Sulung Presiden Joko Widodo ini disinggung Komika Ernest Prakasa dalam postingannya.

Dia mengatakan, Gibran memiliki hak untuk maju sebagai cawalkot dalam Pilwalkot Solo 2020. Namun, sosoknya sebagai putra dari pemegang kekuasaan saat ini yakni Jokowi dinilai punya pengaruh besar.

“Ikut Pilkada adalah hak warga negara. Tapi kalo anak presiden ikut pilkada lalu berharap rakyat tidak mengaitkan dua hal itu, rasanya kok terlalu naif,” ujarnya lewat akun Twitter-nya.

Perasaan itu wajar diungkapkan melihat banyaknya kekecewaan lantaran kontradiksi perjuangan Jokowi yang sebelumnya sangat anti terhadap dinasti politik, tetapi kini seolah memberikan kesempatan kepada putranya maju memanfaatkan momentum kekuasaan yang dimilikinya.

Gibran sebelumnya memang berkompetisi mendapatkan rekomendasi PDIP untuk maju dalam Pilwalkot Solo dengan kader PDIP lain yakni Achmad Purnomo.

Achmad Purnomo yang saat ini menjabat sebagai wakil wali kota Solo mendapatkan dukungan penuh dari DPC PDIP Surakarta. Namun, Gibran yang merupakan anak dari kader PDIP pemegang kekuasaan di republik ini rupanya terus maju mendapatkan simpati DPP.

Hingga akhirnya, Purnomo dipanggil ke Istana bertemu Jokowi dan diminta legowo agar Gibran yang diusung maju sebagai calon wali kota.

“Rekomendasi ini bagi saya adalah suatu kehormatan sekaligus tanggung jawab untuk bisa memenangkan kontestasi Pilkada Kota Surakarta 2020,” kata Gibran.

Meski sebelumnya PDIP Surakarta sempat menolak pencalonan Gibran, tetapi dalam penyerahan rekomendasi hari ini seluruh fungsionaris partai hadir memberikan dukungan.

Dalam kesempatan itu, hadir Ketua DPC PDIP Solo FX. Hadi Rudyatmo, Sekretaris Teguh Prakosa, Bendahara Johni Sofyan Erwandi, dan Wakil Ketua DPC PDIP Solo Bidang Pemenangan Pemilu Putut Gunawan.

“Perkenankan saya berterima kasih kepada Pak Rudy dan Bambang yang telah mengarahkan saya mulai berproses dari pendaftaran hingga akhirnya mendapat rekomendasi,” ujar Gibran.(sta/pojoksatu/ima)

Sumber: