Gunakan Anggaran Tak Terduga, RSUD dr Soeselo dan Dinas Kesehatan Terima Ambulans

Gunakan Anggaran Tak Terduga, RSUD dr Soeselo dan Dinas Kesehatan Terima Ambulans

Bupati Tegal Umi Azizah menyerahkan dua unit mobil ambulans untuk membantu penanganan Covid-19 di Kabupaten Tegal. Penyerahan secara simbolis ini berlangsung di halaman Rumah Sakit Umum Daerah dr Soeselo Slawi. Hadir secara langsung menerima penyerahan mobil ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal Hendadi Setiadji.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Tegal yang juga Bupati Tegal Umi Azizah, Selasa (7/7) mengatakan, jika alokasi pembelian dua unit mobil ambulans tersebut berasal dari belanja tak terduga APBD Kabupaten Tegal 2020 hasil refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 yang dikelola Dinkes Kabupaten Tegal. Dengan adanya penambahan armada tersebut, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan dan mobilitas penanganan pasien Covid-19. 

“Bertambahnya dua unit ambulans ini semoga bisa membantu memudahkan dan mempercepat akses pelayanan tenaga medis kepada masyarakat dalam menangani Covid-19,” katanya.

Selain penyerahan mobil ambulans, Korpri Kabupaten Tegal juga memberikan bantuan makanan dan minuman suplemen tambahan dari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Tegal untuk tenaga medis RSUD dr Soeselo Slawi. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono yang juga ketua Korpri Kabupaten Tegal mengatakan, sumbangan tersebut bersumber dari iuran PNS di lingkungan Pemkab Tegal. Adapun rincian bantuan meliputi susu UHT sebanyak 3.325 kaleng, telur ayam 3.304 butir, biskuit 1.104 buah, multivitamin 500 buah serta buah-buahan sebanyak 2.665 paket. Selain memberikan bantuan kepada tenaga medis, Korpri Kabupaten Tegal juga memberikan bantuan termometer tembak dan alat penyemprot desinfektan masing-masing 50 buah.

“Selain bantuan tersebut, kami juga berikan bantuan bagi keluarga pasien dalam pengawasan yang sedang dirawat di rumah sakit ini. Bantuan tersebut berupa bingkisan parsel buah-buahan. Harapannya agar bisa membantu menjaga imunitas keluarga penunggu pasien,” ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinkes Hendadi Setiaji menjelaskan, ambulans tersebut rencananya satu unit akan ditempatkan di RSUD dr Soeselo Slawi dan satu unit lainnya di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal. Penempatan satu unit ambulans di dinkes ini lebih dimaksudkan sebagai sarana back-up layanan jika sewaktu-waktu ada puskesmas yang membutuhkan bantuan ambulans seperti menjemput pasien Covid-19, pasien dalam pengawasan, maka akan segera meluncur ke lokasi. (guh/ima)

Sumber: