Tak Terpengaruh Pandemi Corona, Bantuan 996 RTLH di Brebes Tetap Berlanjut

Tak Terpengaruh Pandemi Corona, Bantuan 996 RTLH di Brebes Tetap Berlanjut

Sebanyak 996 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Brebes yang masuk dalam pelaksanaan program bantuan stimulan perumahan swadaya atau bedah rumah akan tetap berjalan tahun ini. 

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman (Perwaskim) Kabupaten Brebes Taryono melalui Kasi Perumahan Formal dan Swadaya Bidang Perumahan Rakyat Irfanuddin memastikan pelaksanaan program RTLH tahun ini tetap berjalan. 

"Insya Allah pelaksanaan program 996 RTLH di Kabupaten Brebes tetap berjalan. Jadi tidak terpengaruh (adanya pandemi)," ungkapnya, Selasa (7/7).

Dia menjelaskan, progam pelaksanaan tersebut bersumber dari berbagai anggaran. Di antaranya, dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ada 236 unit. Semuanya tersebar di delapan desa di dua kecamatan yakni Bumiayu dan Brebes.

Selanjutnya dari Satuan Nonvertikal sebanyak 280 unit. Semuanya tersebar di sembilan desa yang ada di Kabupaten Brebes. 

Sementara dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sedikitnya ada 469 unit. Jumlah tersebut tersebar di 123 desa.

"Dengan masing-masing desa mendapatkan bantuan tiga unit," jelasnya.

Sedangkan dari Bansos APBD Kabupaten Brebes untuk RTLH ada 307 unit yang akan menerima bantuan. Bantuan tersebut tersebar di 16 desa. Selain itu, bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan bantuan 50 unit.

"50 unit itu tersebar di Desa Slatri dan Larangan, Kecamatan Larangan. Masing-masing desa mendapatkan 25 unit," ucapnya.

Bantuan Kementerian PUPR lainnya dari pembangunan baru mendapatkan bantuan 10 unit. Sedangkan pembangunan baru dari APBD Provinsi Jateng 24 unit. 

"Semua bantuan ini sasarannya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)," tukasnya. (ded/ima)

Sumber: