Terduga Maling Motor Tewas Mengenaskan Dimassa, Empat Warga Diamankan

Terduga Maling Motor Tewas Mengenaskan Dimassa, Empat Warga Diamankan

Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Bangka Selatan (Basel) bersama tim forensik Polda Bangka Belitung (Babel) mengotopsi jazad Mat (41), warga Jalan AMD Desa Gadung Toboali, Selasa (30/6) lalu.

Mat diduga merupakan salah satu pelaku tindak pidana pencurian sepeda motor (curanmor) milik Supiyandi. Dia meninggal dunia akibat dihakimi massa (masyarakat) di lingkungan Tanjung Medang Sangkar Ayun Toboali.

Kala itu Mat dan Wa, anaknya yang masih dibawah umur, sedang bersama dua terduga pelaku curanmor Te (22) dan Ri (23) yang berhasil diamankan warga. Mereka kemudian dimassa, Sabtu (27/6) malam, sekitar pukul 20.00 WIB.

"Salah seorang terduga pelaku Mat yang turut diamankan massa dalam kondisi patah tulang dan luka-luka," jelas Kapolres Bangka Selatan, AKBP Stanislaus Ferdinand Suwardji melalui Kasat Reskrim, AKP Albert Daniel Tampubulon kepada Babel Pos, Selasa (30/6) lalu.

Menindaklanjuti peristiwa itu, anggota Satreskrim Polres Basel langsung bergerak melakukan serangkaian penyelidikan. Alhasil, empat orang terduga pelaku penganiayaan terhadap Mat pun akhirnya berhasil diamankan tanpa perlawanan.

"Dari hasil penyelidikan terdapat empat orang terduga pelaku penganiayaan yang menyebabkan Mat meninggal dunia," ungkap Daniel.

Keempat terduga pelaku itu adalah warga Sukadamai Toboali berinisial Ap, Yu, An, dan Wo. Mereka diamankan di Polres Basel untuk penyidikan lebih lanjut.

Sebelum melakukan otopsi terhadap jazad Mat di RSUD Basel, tim Satreskrim Polres Basel dan tim forensik Polda Babel yang dibantu warga, Selasa (30/6) pagi, terlebih dulu membongkar makam Mat. Setelah itu, jazad almarhum dibawa ke RSUD dan kemudian baru dilakukan otopsi.

"Otopsi ini untuk menentukan penyebab atas meninggalnya almarhum Mat," tegas AKP Daniel.

Terungkapnya kasus tersebut berawal dari laporan warga ke Polsek Toboali, terkait diamankannya satu unit sepeda motor. Selain itu, ikut diamankan juga empat orang terduga pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) di lingkungan Tanjung Medang Sangkar Ayun Toboali, Sabtu (27/6) malam.

Menindaklanjuti laporan tersebut anggota Unit Reskrim Polsek Toboali langsung bergerak ke tempat kejadian perkara (TKP). Begitu anggota tiba di TKP, satu dari empat orang terduga pelaku berinisial Mat sudah dalam kondisi babak belur dihakimi massa, dan akhirnya meninggal dunia.

Beruntung tiga orang terduga pelaku lainnya, yakni Ri (23), Te (22), serta Wa selamat dari massa. (tom/err/zul)

Sumber: