SMK Al-Irsyad Tegal Fokus Pendidikan Agama dan Keterampilan Siswa

SMK Al-Irsyad Tegal Fokus Pendidikan Agama dan Keterampilan Siswa

Saat ini SMK banyak dipilih lulusan SMP sebagai sekolah yang dianggap lebih memiliki keunggulan lebih selepas menamatkan pendidikannya. Karenanya bagi yang masih bingung mencari sekolah, SMK Al-Irsyad layak dijadikan pilihan utama.
 
Kok bisa? Karena banyak alasan yang bisa didapatkan jika bersekolah di sekolah yang ada di Jl. Gelatik No. 3 Tegal itu. Di antaranya setelah lulus, siswa bisa langsung bekerja, melanjutkan kuliah, buka usaha sendiri, dan lain-lainnya.

Saat menempuh pendidikan di SMK Al-Irsyad, siswa diberi kesempatan untuk mempunyai keahlian sesuai minat, dengan menekankan proses pembelajaran lebih banyak praktik, serta
praktik kerja industri (prakerin) yang seru

Kepala SMK Al-Irsyad Refly Fauzan SpdI mengatakan sekolahnya terdiri dari tiga jurusan. Yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), serta Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)

Dipaparkan Refly, untuk mewujudkan visi misi mencetak lulusan yang berakhlak mulia dan memiliki kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), SMK Al-Irsyad menggandeng Axioo dan Arkademy untuk meningkatkan kompetensi SDM peserta didiknya. 

“Komitmen tersebut dituangkan dalam penandatanganan momerandum of understanding (MoU) dengan konsep kelas industri dan teaching factory,” kata Refly.

Inilah yang kemudian, beber Refly, diimplementasikan melalui kelas Industri Axioo Class Program (ACP). Yakni merupakan program pendidikan untuk menyiapkan siswa lulusan SMK atau sekolah vokasi agar siap kerja di dunia Industri teknologi informasi (IT).

Dijelaskan Refly, pembelajaran di ruang kelas khusus ini berbasis industri. Selain itu juga dilengkapi dengan teknologi pembelajaran abad 21, bagi siswa binaan Axioo yang telah lulus seleksi program.

Di mana, rinci Refly, setiap semester nantinya akan ada uji sertifikasi program mulai axioo, microsoft, LS cable, mikrotik, telview, dan lainnya, sesuai struktur kurikulum Axioo yang di sinkronkan ke jurusan program di sekolah

“Di akhir masa program Axioo dan partner akan membuka lowongan perkerjaan melalui online. Jika siswa binaan Axioo berminat berkarir bersama, bisa mengikuti proses seleksinya,” terang refly lagi.

Nah, peserta didik yang masuk kelas industri Axioo Class Program ini setelah lulus akan akan mendapatkan berbagai fasilitas. Antara lain sertifikat bertaraf Internasional, Axioo Smart Classroom (ASL), eduboard (papan tulis touchscreen), ruang kelas full AC, satu unit laptop, ruang kelas full WiFi, dan program teaching factory kerjasama dengan Arkademy.

Sedangkan pemilihan Arkademy, menurut Refly, sangat tepat mengingat startup digital binaan PT Telkom tersebut sudah berskala internasional. Arkademy sendiri sudah memiliki 110 rekanan perusahaan berskala nasional dan sejumlah rekanan perusahan internasional. 


“Dengan kerjasama ini peserta didik, utamanya jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) diharapkan bisa memanfaatkan peluang tersebut,” pintanya.

Tidak hanya di bidang akademik, SMK Al-Irsyad juga menerapkan program Boarding School Al-Irsyad Tegal. Dijelaskan Refly, sekolah menyediakan asrama bagi siswa siswi melalui program ini, sekaligus sebagai pusat pengembangan pendidikan dan kajian Islam Rumah Tahfidz Al-Irsyad.

Sementara itu untuk kegiatan ekstra kurikuler, siswa diharapkan bisa mengasah dan mengembangkan bakat serta minatnya. Saat ini SMK Al-Irsyad memfasilitasi kegiatan ekstra kurikuler, seperti kreator youtube, desain grafis, game android, jaringan & maintanance, bola basket, bola volley, futsal, pramuka, PMR, dan lain-lainnya.

Sumber: