Sudah Jadi Rahasia Umum, Fraksi PDIP Inisiator RUU HIP

Sudah Jadi Rahasia Umum, Fraksi PDIP Inisiator RUU HIP

RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang telah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020 disebut-sebut diinisiasi Fraksi PDI Perjuangan. Anggota Panitia Kerja (Panja) RUU HIP dari Fraksi Partai Demokrat, Herman Khaeron mengungkapkannya saat menjadi narasumber diskusi daring yang digelar DPP Partai Demokrat bertajuk 'Agama dan Pancasila, Merawat KeIndonesiaan: Bedah Tuntas RUU HIP', Jumat (26/6) kemarin.

"RUU ini masuk dalam Prolegnas dan prioritas 2020 yang tentu diusulkan, ada inisiatornya, kita tidak perlu menyebutkan. Sudah jadi rahasia umum toh? Fraksi PDI Perjuangan," kata Herman Khaeron.

RUU HIP sejak awal menjadi sorotan Partai Demokrat. Fraksi Demokrat pun kini sudah menarik diri dari pembahasan RUU HIP yang tengah berpolemik. Alasannya, masih ada hal yang lebih substansial dan perlu diprioritaskan, yaitu penanganan Covid-19 di Tanah Air.

"Arahan dari Ketum Partai Demokrat, arahan Ketua Fraksi Partai Demokrat agar mengkritisi baik secara prosedural, substansial, maupun situasional. Karena memang pada saat ini sedang terjadi wabah Covid-19," tutupnya. (rmol/zul)

 

Sumber: