Bendera PDIP Dibakar Massa, Megawati Keluarkan Surat Perintah ini

Bendera PDIP Dibakar Massa, Megawati Keluarkan Surat Perintah ini

Aksi pembakaran bendera Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan oleh massa pengunjuk rasa penolakan RUU HIP mendapat respon dari Megawati Soekarno Putri.

Ketua Umum PDI Perjuangan ini menyatakan sikapnya terkait peristiwa tersebut dengan mengeluarkan surat perintah untuk para kadernya di seluruh Indonesia.

Dalam surat perintah itu, Megawati meminta seluruh kader menjaga muruah partai beserta atributnya. Mengenai peristiwa pembakaran bendera partai oleh massa yang berunjuk rasa di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (24/6), putri Proklamator RI Bung Karno ini menginstruksikan lebih mengedepankan proses hukum.

Megawati juga mencatat sejarah singkat partainya yang diilhami oleh Bung Karno itu. Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ini juga mengingatkan bahwa PDIP selalu setia mempertahankan kedaulatan bangsa dengan memedomani Pancasila. 

Mengenai surat harian Megawati itu, dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Politikus asal Yogyakarta ini mengatakan surat perintah itu baru diedarkan kepada seluruh struktur partai pada hari ini.

 "Ya, benar. Ibu Ketua Umum mengeluarkan surat perintah," kata Hasto. (tan/jpnn/ima)

Sumber: