Libido Kurang Tanda Stres

Libido Kurang Tanda Stres

Laki-laki kadang mengalami hipersensitif akibat fluktuasi hormon. Namun, jika libido menurun patut diwaspadai sebab bisa pertanda stres parah.

Dokter Spesialis Andrologi RS Siloam Makassar, dr Rahmawati Thamrin Sp And mengatakan pria yang mengalami hal tersebut bisa disebabkan karena fluktuasi hormon yang menyebabkan hipersensitivitas.Terlihat frustrasi, cemas, dan kemarahan tinggi.

"Suami pun menjadi sering marah hingga malas berhubungan. Hal ini sebaiknya jangan dibiarkan, karena bisa membuatnya enggan terus berhubungan. Ketika gejala sudah makin berat, maka tidak ada cara lain selain melakukan konsultasi ke dokter,” tambahnya.

Keluarga juga perlu terus mendampingi dan menenangkan agar gejala tak makin bertambah parah. Hubungan yang harmonis akan mencegah pria dari munculnya gejala yang berbahaya. Dokter Arien, sapaannya, juga menyarankan untuk mengelola stres.

“Itu karena pengaruhnya hanya waktu tertentu saja, sehingga pengelolaan pikiran jadi penentu," katanya.

Pada dasarnya, stres memengaruhi fungsi seksual dengan berbagai cara, salah satunya lewat hormon. Stres kronis menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol yang bisa mengurangi libido (gairah seksual). Juga membuat seseorang kurang bisa menikmati hubungan intim, sehingga kerap enggan melakukannya.

“Lebih parah, stres juga bisa memicu depresi dan kecemasan, sehingga tidak tertarik dengan kegiatan seksual sama sekali,” tuturnya.

Spesialis Andrologi ini juga menyarankan agar mengutamakan mengonsumsi makanan yang baik bagi hormon,” katanya.

Ahli Gizi dan Menu Sehat UMI, Dr Andi Nurlinda SKM MKes menyampaikan, bisa dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Sebab, kacang kaya akan protein dan zat gizi lainnya. Protein dalam kacang berfungsi meningkatkan hormon dopamin.

“Hormon dopamin adalah hormon yang mengendalikan emosi termasuk dorongan seks,” jelasnya.

Protein tinggi ada dalam kacang-kacangan seperti kedelai dan kacang tanah. Selain itu kenari juga adalah makanan yang bisa menjadi pilihan karena membuat gairah meningkat dan ereksi lebih lama. (sal/zul)

Sumber: