Pacitan Gempa Magnitudo 5, Guncangannya Dirasakan Hingga Purwokerto

Pacitan Gempa Magnitudo 5, Guncangannya Dirasakan Hingga Purwokerto

Gempa bumi bermagnitudo 5 menguncang Pacitan, Jawa Timur, Senin (22/6), pukul 02.33 dinihari WIB. Kendati mempunyai kekuatan cukup besar, gempa ini tidak berpotensi tsunami seperti penjelasan BMKG.go.id.

Goncangan gempa bumi ini tidak hanya dirasakan sejumlah kota di Jawa Timur, tapi juga dapat dirasakan kota-kota di Jawa Tengah. Data yang dikutip dari BMKG.go.id menyebutkan gempa bumi itu berada di kedalaman 63 KM. Pusat Gempa berada di laut 107 KM, barat daya Pacitan.

"22 Jun 2020, 02.33 WIB 5.0 Skala Richter, 63 km. Lokasi 9.11 Lintang Selatan - 110.85 Bujur Timur," demikian informasi gempa Pacitan dilansir dari BMKG.go.id, Senin (22/6).

Guncangan gempa Pacitan itu terasa hingga Yogyakarta. Beberapa kabupaten di Jogyakarta yang merasakan gempa itu antara lain: Bantul, Sleman, Wonogiri.

Beberapa kawasan di Jawa Timur yang juga merasa guncangan diantaranya Tulungagung, Karangkates, Nganjuk, Ternggalek. Ponorogo.

Sedangkan beberapa kawasan di jawa Tengah yang juga merasakan diantaranya Banjarnegara, Purwokerto, Klaten, Sukoharjo. (rmol/zul)

Sumber: