Dalam 14 Menit, Gunung Merapi Sudah Meletus Dua Kali 

Dalam 14 Menit, Gunung Merapi Sudah Meletus Dua Kali 

Minggu (21/6) hari ini, Gunung Merapi sudah meletus sebanyak dua kali. Pertama, letusan gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah itu tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm.

"Terjadi dua kali erupsi Gunung Merapi pagi tadi, yang pertama terjadi pada pukul 09.13 WIB dan yang kedua pada pukul 09.27 WIB," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan.

Artinya, dalam jangka waktu 14 menit, Merapi sudah meletus dua kali. Kemudian, teramati tinggi kolom erupsi kurang lebih 6.000 meter dari puncak Merapi.

Untuk erupsi kedua terjadi pada pukul 9.27 WIB dengan amplitudo 75 mm dan durasi 100 detik. "Sedangkan untuk tinggi kolom erupsi tidak teramati," katanya seperti dikutip dari jpnn.

Makwan mengatakan, saat terjadi erupsi, arah angin cenderung ke arah barat. "Hingga saat ini situasi masih terpantau aman dan terkendali. Di Desa Glagaharjo Kecamatan Cangkringan terpantau nihil hujan abu," katanya.

Ia mengatakan, status Gunung Merapi waspada sejak 21 Mei 2018 lalu. "Masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Jarak bahaya dalam radius 3 km dari puncak," pungkas Makwan. (antara/jpnn/ima)

Sumber: