Rem Blong, Truk Tronton Terguling Timpa Tiga Warung dan Satu Motor

Rem Blong, Truk Tronton Terguling Timpa Tiga Warung dan Satu Motor

Insiden kecelakaan terjadi di pintu masuk Jalan Lingkar Bumiayu, tepatnya di wilayah Desa Pagojengan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, Jumat (12/6) sekitar, pukul 15.30 WIB petang.

Tidak ada korban jiwa, akibat insiden ini. Hanya saja, tiga warung dan satu unit sepeda motor rusak parah, karena tertimpa body kendaraan yang terguling.

Informasi yang berhasil dikumpulkan menyebutkan, kecelakaan dipicu truk tronton B 9742 UQ yang meluncur dari arah selatan (Purwokerto) diduga mengalami rem blong. Saat menikung, diduga truk masih dalam kecepatan tinggi, sehingga terguling dan menimpa tiga warung yang berada di pinggir jalan.

Seorang saksi mata yang juga pemilik warung Malih Mukti (50) menuturkan, saat kejadian dia tengah berada di depan warungnya, yang sekaligus dijadikan sebagai agen bus, bersama seorang rekannya.

"Tiba-tiba dari arah selatan meluncur truk tronton ini dengan kecepatan tinggi, bahkan miring," ucapnya.

Melihat kondisi truk nahas itu, dia pun langsung lari masuk ke dalam warung untuk menyelamatkan diri. Sementara rekanya menyelamatkan diri ke arah lain.

"Beruntung sekali, karena truk memang terguling dan menimpa warung saya. Selain itu juga warung deretan kiri-kanan, semuanya ada tiga," kata Malih.

Dia mengaku sempat terjebak di dalam warung, karena badan truk tronton dan muatannya yang terguling menghalangi akses keluar warung. Bahkan bagian depan warung hancur berantakan, termasuk satu unit sepeda motor miliknya.

Beruntung sopir dan kernet truk selamat dari kejadian tersebut. Sopir truk Andri (35), warga Tanggerang, Banten, menuturkan dia hendak mengirim barang dari wilayah Kebumen menuju Cikarang.

Saat berjalan dari arah Kecamatan Paguyangan menuju Bumiayu, yangh melintasi turunan panjang, ungkap Andri, dia mulai mengalami kendala pada fungsi pengereman kendaraan yang disopirinya.

"Remnya bangka (keras) tidak berfungsi, sementara di depan pertigaan arah kota. Jadi saya paksa masuk jalan lingkar. Akhirnya terguling," tutur Andri.

Hingga berita ini ditulis, petugas dari pos lalu lintas Bumiayu masih melakukan olah TKP dan memintai keterangan sejumlah saksi. (pri/zul)

Sumber: