Anies Baswedan Bicara Covid-19 dengan Wali Kota dan Gubernur Hebat Dunia

Anies Baswedan Bicara Covid-19 dengan Wali Kota dan Gubernur Hebat Dunia

Forum pertemuan Cities Against COVID-19 GLOBAL SUMMIT 2020-Virtual, 2 Juni lalu sangat membanggakan bagi Indonesia. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat kehormatan menjadi satu di antara empat pembicara utama di forum tersebut.

Pertemuan itu bukanlah agenda diskusi biasa. Selain Anies, pembicara utama lainnya ialah Wali Kota London Sadiq Khan, Gubernur Maryland Larry Hogan dan Wali Kota Moscow Sergei Sobyanin.

Sementara tokoh yang menjadi pembicara kunci dalam pertemuan itu ialah Wali Kota Seoul Park Wonsoon.

Acara itu melibatkan wali kota dan gubernur di 40 kota atau provinsi negara bagian dari berbagai belahan dunia.

Anies mengajak semua wali kota dan gubernur untuk melihat ke depan dengan mengantisipasi perubahan yang perlu dilakukan dalam memandang tata ruang menjadikan kota yang tangguh dan membangun kolaborasi sosial.

"Kita semua sudah mendapatkan pengalaman menghadapi pandemi ini. Namun, saya pikir penting bagi kita semua untuk melihat hal-hal di balik pandemi," kata Anies melalui video yang diunggah Pemprov DKI, Minggu (7/6).

Anies melanjutkan, pandemi Covid-19 tidak hanya memunculkan masalah baru, tetapi juga berbagai kesempatan lainnya.
Masalah yang dimaksudkan Anies ada dua hal, yang pertama adalah krisis kesehatan dan yang kedua adalah masalah ekonomi.

Anies mengungkapkan, di sisi lain pandemi juga memunculkan sejumlah terobosan-terobosan dalam bidang digital dan lingkungan yang asri.

"Untuk kami di Jakarta, yang polusi merupakan salah satu tantangan, dalam tiga bulan terakhir kami mendapatkan langit yang biru kembali," ujarnya.

"Sehingga masyarakat mulai menyadari bahwa inilah yang dapat terjadi saat kita memiliki ekonomi berbasis lingkungan dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan," kata Anies. (rmol/jpnn/zul)

Sumber: