14 Desa di Lima Kecamatan di Brebes Diterjang Rob

14 Desa di Lima Kecamatan di Brebes Diterjang Rob

Sedikitnya 14 desa yang tersebar di lima kecamatan yang ada di jalur pantura terendam banjir rob, Selasa (2/6). Lima kecamatan itu yakni Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung dan Kecamatan Losari.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Brebes Iskandar Agung mengatakan, bulan ini memang memauski puncak rob. Bahkan, tiga hari terakhir ini banjir rob di lima kecamatan itu paling tinggi.

"Tiga hari ini memang ketinggian banjir rob cukup tinggi. Semoga ke depannya bisa cepat surut," ungkapnya.

Dia menyebutkan, di wilayah Kecamatan Brebes sendiri ada empat desa yang terdampak banjir rob. Di antaranya, Desa Randusanga Wetan, Randusanga Kulon, Limbangan Wetan dan Kaliwlingi. Di Kecamatan Wanasari sendiri ada satu desa yang terdampak yakni Desa Sawojajar.

Sementara di Kecamatan Bulakamba ada tiga desa. Yaitu Desa Bangsri, Grinting dan Desa Kluwut. Sementara di Kecamatan Tanjung hanya di Desa Krakahan.

"Sementara di Kecamatan Losari ada empat desa. Yakni Prapag Kidul, Prapag Lor, Karangdempel dan Limbangan," tuturnya.

Selain memang memasuki puncak rob, kata dia, faktor masih sering turunnya hujan juga menjadi faktor utama terjadinya rob. Pasalnya, air yang seharusnya masuk ke saluran tertahan oleh air hujan.

"Bulan Mei-Juni ini memang puncak-puncaknya rob. Tapi memang tiga hari terakhir ini robnya cukup besar. Tidak hanya merendam pertambakan, bahkan rob juga ada yang masuk ke pemukiman," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: