Rumah Terendam Rob, Warga Mengungsi ke Masjid

Rumah Terendam Rob, Warga Mengungsi ke Masjid

Bencana banjir akibat air laut pasang (rob) melanda komplek perumahan di wilayah RW 07 Kelurahan Dampyak Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Rabu (3/6) malam. Akibatnya, puluhan warga terpaksa mengungsi ke masjid lantaran rumahnya terendam air.

Data dari PMI Kabupaten Tegal menyebutkan rob melanda wilayah RT01-06 dengan ketinggian air diperkirakan mencapai sekitar 100 centimeter. Rob sendiri mulai menerjang perumahan warga sejak pukul 17.00 WIB.

"Air mulai naik sejak sore. Kemudian semakin malam air makin naik," kata Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal Sunarto.

Menurutnya, akibat kejadian itu ada sekitar 30 orang sempat mengungsi di masjid setempat yang lantainya cukup tinggi. Sedangkan lainnya bertahan di rumah masing-masing, ada juga yang ke rumah kerabat atau saudara.

Salah seorang warga Kristanto mengatakan bencana rob sebenarnya sudah terjadi beberapa hari lalu. Namun, ketinggian air yang terjadi tadi malam cukup parah. Sehingga ada warga yang terpaksa mengungsi.

"Sebetulnya sudah beberapa hari lalu rob melanda. Namun, tadi malam cukup parah, sehingga ada warga yang mengungsi," ujarnya.

Menurut Kristanto, bencana rob juga terjadi hampir setiap air laut pasang. Sehingga warga sudah terbiasa dengan kondisi tersebut.

Sementara itu, dari hasil pantauan, Kamis (4/6) pagi, air masih menggenang area perumahan meski ketinggiannya mulai surut. Namun, dikhawatirkan sore akan kembali naik dan merendam rumah-rumah warga. (muj/zul)

Sumber: