1,8 Juta Orang Siap-siap Balik Lagi ke Jabodetabek

1,8 Juta Orang Siap-siap Balik  Lagi ke Jabodetabek

Sebanyak 9.000 kendaraan ditolak masuk ke wilayah Jakarta dan sekitarnya hingga H+2 Lebaran atau Rabu (27/5). Mereka dipaksa putar balik ke daerah asal karena tak memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) yang dikeluarkan Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan hingga H+2 Idul Fitri atau Rabu (27/5), sedikitnya ada 9.000 kendaraan yang akan masuk ke Jakarta dipkasa balik arah oleh petugas. Jumlah tersebut berdasarkan data dari 146 pos penyekatan Operasi Ketupat 2020 dari Jawa Timur hingga Lampung.

"Pantauan dua hari arus balik ini, sudah 9.000 kendaraan kami putar balik dari 146 pos penyekatan dari Jatim hingga Lampung," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (28/5).

Dijelaskannya, berdasarkan pantauan langsung, situasi arus lalu lintas mulai dari Jakarta hingga Pejagan, Brebes, Jawa Tengah di ruas tol terlihat sepi dari kendaraan pribadi.

"Dari Jakarta sampai Pejagan, kondisi jalur A dan B terpantau sepi, di titik KM 47 dan KM 70 sampai Pejagan tidak ada antrean kendaraan, termasuk saya monitor di Kalikangkung juga tidak ada antrean," katanya.

Hal itu membuatnya memberikan apresiasi kepada masyarakat yang mematuhi aturan dan tidak melakukan perjalanan kembali ke Jakarta usai Idul Fitri demi memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Jalan sepi dari Jakarta hingga Pejagan ini merupakan tanda kesadaran masyarakat sudah tinggi dan penyebaran COVID-19 pun akan semakin melambat," ujarnya.

Dia juga mengapresiasi ketatnya pemeriksaan di pos penyekatan yang ditunjukkan dengan sikap tegas petugas yang tidak mengizinkan kendaraan tanpa SIKM.

"Pengecekan SIKM itu sudah menjadi standar pengecekan di setiap pos penyekatan, petugas juga sudah baik dengan menggunakan APD memeriksa kendaraan dan memeriksa suhu tubuh penumpang," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut ada 6.324 kendaraan yang menuju Jabodetabek ditolak.

"Data kami sekarang, posisi sampai semalam (Rabu, 27/5) itu total yang sudah diputarbalikkan di wilayah Jabodetabek adalah 6.364 kendaraan," katanya dalam forum diskusi di Graha BNPB.

Seluruhnya diputarbalikkan oleh petugas yang berada di jalur-jalur penyekatan di sembilan jalan arteri dan dua jalan kolektor yang tersebar di perbatasan Kabupaten Tangerang, Bogor, dan Bekasi.

Syafrin menegaskan kebijakan memutarbalikkan kendaraan-kendaraan pengangkut penumpang tanpa SIKM untuk menekan volume orang di kawasan Jabodetabek yang saat ini masih menjadi episentrum penyebaran COVID-19. (gw/zul/fin)

Sumber: